Pemkot Palembang berjanji hilangkan jamban terapung

id jamban terapung,wc umum,jamban di sungai musi,Sungai Musi.,MCK,pencemaran di sungai,berita sumsel,berita palembang,Wali Kota Palembang, Fitrianti Agus

Dokumentasi- Jamban terapung. (net.)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berjanji secara bertahap akan mengurangi, bahkan menghilangkan jamban terapung yang ada di Sungai Musi.

Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat, mengatakan, keberadaan jamban terapung ini sangat berbahaya bagi lingkungan. Selain mencemari air dan tanah juga rentan terjadi penyebaran penyakit.

Dalam blusukan saya ke kampung-kampung di bantaran sungai, memang warga mengakui masih menggunakan jamban terapung untuk BAB, katanya.

Ia mengemukakan, kondisi ini sangat tidak sehat mengingat warga juga mengunakan air sungai untuk kebutuhan rumah tangga seperti memasak, mencuci, dan mandi.

Jika begini terus, maka pencemaran di sungai ini akan tinggi, ujarnya.

Padahal di sisi lain, Pemkot Palembang berusaha memajukan konsep wisata sungai yang sudah dimunculkan ketika Palembang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII pada Agustus 2018.

Oleh karena itu, selain melakukan pendekatan persuasif untuk terus mengedukasi masyarakat, pemerintah juga turun tangan langsung dengan membangun MCK umum.

Warga diharapkan mendukung program yang tergabung dalam KotaKu karena program KotaKu ini tidak hanya memperbaiki fasilitas jalan setapak warga saja, melainkan juga akan dibangunkan MCK untuk warga, katanya.

MCK Umum ini dalam sistem pengolahan kotorannya akan membuat septitank. Satu MCK itu bisa digunakan untuk 50 warga dalam satu wilayah, kata Fitrianti.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar