Gubernur minta pt ciptakan pelaku ekonomi kreatif

id Herman Deru,ekonomi kreatif,Perguruan Tinggi,wirausahawan muda,berita sumsel,berita palembang

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (kiri) bersama Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahaya (kanan). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta seluruh perguruan tinggi di daerah itu untuk mengajak dan menciptakan masyarakat menjadi pelaku ekonomi kreatif melalui jaringan internet.

Perguruan Tinggi di Sumsel yang memiliki jurusan Informatika agar tidak hanya mendidik mahasiswa tetapi juga mampu mengedukasi masyarakat tentang dunia digital dan internet, kata Gubernur di Palembang, Jumat.

Selain menjadi kebutuhan masyarakat luas, lanjut dia, dunia digital dan internet dapat memberikan dampak ekonomi dan komunikasi bagi masyarakat.

Oleh karena itu perguruan tinggi harus mampu mendidik masyarakat mempunyai jiwa entrepreneur agar dapat menjadi pelaku ekonomi kreatif melalui internet.

Bila ada mahasiswa yang KKN ke desa-desa diharapkan jangan hanya membangun gapura saja, tetapi juga mengedukasi masyarakat untuk menjadi bagian dari pelaku ekonomi kreatif dengan internet.

"Saya menginginkan supaya Sumatera Selatan juga dikenal melalui ekonomi digital," kata Gubernur.

Dia mengatakan bahwa seiring dengan munculnya dunia maya ada keinginan dan harapan masyarakat khususnya di wilayah pedesaan bisa menjangkau internet dengan mudah dan murah.

Hal ini karena internet sekarang sangat dibutuhkan termasuk bagi masyarakat pedesaan, kata dia.

Sehubungan itu diharapkan juga dukungan dari provider agar tidak hanya membangun jaringan internet di tempat padat penduduk saja melainkan ke seluruh pelosok desa.

Banyak provider hanya bangun jaringan internet di tempat padat penduduk saja dan ke depan diminta agar jaringan internet bisa dijangkau hingga masyarakat pelosok desa, katanya.

Oleh karena itu melalui Musyawarah Nasional V Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Indonesia dan seminar nasional teknologi dan komunikasi diselenggarakan Universitas Bina Darma di Palembang diharapkan jaringan internet semakin luas.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar