Pemkot Palembang maksimalkan pengoperasian tiga perpustakaan keliling

id perpustakaan keliling,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,antara sumsel,baca buku,gemar membaca

Pemkot Palembang maksimalkan pengoperasian tiga perpustakaan keliling

Perpustakaan keliling yang parkir di pintu salah satu Mall di Kota Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan pengoperasian tiga unit perpustakaan keliling atau mobil pintar di sekolah dan kawasan permukiman penduduk yang tersebar di 18 wilayah kecamatan.

Pemaksimalan itu untuk mendukung program Gemar Membaca yang dijalankan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sejak beberapa tahun terakhir, kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan dengan memaksimalkan unit pelayanan bergerak itu, diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan bahan bacaan yang pada akhirnya membaca buku menjadi suatu kegemaran warga kota ini.

"Kami akan terus berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kualitas sumberdaya manusia warga kota ini sehingga daya saingnya semakin tinggi," ujarnya.

Mernurut dia, pengetahuan dan wawasan warga kota ini perlu ditingkatkan sehingga memiliki daya saing yang tinggi menghadapi persaingan global yang semakin ketat dewasa ini.

Selain memaksimalkan pelayanan perpustakaan keliling dan mobil pintar di 107 keluruahan tersebar di 18 kecamatan, pada setiap kesempatan Wali Kota Harnojoyo bersama jajaran termasuk istri pegawai negeri sipil yang tergabung dalam kelompok PKK memberikan motivasi kepada masyarakat agar selalu membaca.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan program yang bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan warga kota yang sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini dapat berjalan sesuai harapan bersama.

Berdasarkan evaluasi pelayanan perpustakaan keliling dan mobil pintar yang beroperasi di kawasan permukiman penduduk mendapat sambutan hangat dari warga kota dengan ramai-ramai memanfaatkan buku dan fasilitas yang disediakan di unit pelayanan bergerak itu.

Melihat tingginya animo masyarakat memanfaatkan perpustakaan keliling, selain memaksimalkan pengoperasiannya juga berupaya memperbanyak koleksi buku serta menambah fasilitas pendukung yang dapat meningkatkan daya tarik pelajar dan masyarakat umum memanfaatkan perpustakaan tersebut, kata Sekda.