Pemkab Musi Banyuasin tingkatkan kesehatan ibu-anak

id ibu,anak,kota layak anak,Musi Banyuasin,perhatian terutama terhadap ibu hamil,Beni Henedi,berita susmel,berita palembang,antara palembang

Pemkab Musi Banyuasin tingkatkan kesehatan ibu-anak

Pemeriksaan Ibu hamil. (Ist)

Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak di kabupaten setempat yang tergolong masih tinggi.

"Angka kematian ibu dan anak di kabupaten ini masih ciukup tinggi, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya akan mendorong Dinas Kesehatan lebih meningkatkan perhatian terutama terhadap ibu hamil dan bayi di bawah lima tahun (balita)," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Henedi di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, masalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan masalah nasional yang menjadi perhatian utama pihaknya karena sangat menentukan Sumberdaya Manusia (SDM) generasi penerus.

Untuk mengatasi berbagai masalah Kesehatan Ibu dan Anak, selain mengoptimalkan kinerja jajaran Dinas Kesehatan, pihaknya juga mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam menangani kasus kematian ibu dan anak.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan pemahaman tentang penanganan kasus kematian ibu dan anak bagi bidan dan tenaga kesehatan terutama bidan sub-koordinator Puskesmas dengan kegiatan Audit Maternal Perinatal, katanya.

Menurut dia, penanganan masalah kesehatan ibu dan anak tidak mungkin bisa dilakukan petugas Dinas Kesehatan daerah ini saja tanpa dukungan pihak lain dan masyarakat secara umum, karena penanganan masalah tersebut harus dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus.

Penanganan masalah kesehatan ibu dan anak diperlukan kerja sama yang baik dari semua pihak agar angka kematian ibu dan angka kematian bayi/anak dapat ditekankan seminimal mungkin.

Melalui berbagai upaya tersebut? dan adanya perhatian dari semua pihak, diharapkan masalah yang dapat menimbulkan kematian ibu dan anak dapat diatasi dengan baik sehingga bisa mencapai kualitas kesehatan sesuai dengan yang diharapkan, ujar Beni.