333.076 warga OKU menerima obat kaki gajah

id kaki gajah,penyakit kaki gajah,obata kaki gajah,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,berita antara

333.076 warga OKU  menerima obat kaki gajah

Penyakit kaki gajah. (ANTARA/REUTERS)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 333.076 warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan ditargetkan menerima obat kaki gajah yang dibagikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan setempat pada 2018.

"Target pemberian obat kaki gajah untuk masyarakat OKU pada tahun ini jumlahnya mencapai 333.076 jiwa," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan, pembagian obat pencegah penyakit kaki gajah tersebut dilakukan serentak selama satu bulan sejak 4 Oktober 2018 secara gratis untuk usia 2-70 tahun.

Masyarakat sesuai dengan kriteria usia penerima tersebut sudah dapat mengambil jatah obat pencegah kaki gajah di Puskesmas, Puskesdes dan Posyandu yang ada di setiap kecamatan di wilayah itu.

"Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) ini diresmikan sejak 4 Oktober di seluruh kecamatan untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat sesuai dengan usia tersebut," ungkapnya.

Diakuinya, penyebaran obat kaki gajah pada tahun ini diyakini dapat mencapai target dibagikan kepada 333.076 jiwa penduduk Kabupaten OKU.

Bahkan kata dia, penyebarannya di kabupaten setempat pada 2015 hingga 2017 mencapai lebih dari 65 persen target nasional.?

"Pada 2015-2017 pemberian obat kaki gajah tembus 95 persen. Mudah-mudahan tahun ini dapat melebihi target sehingga masyarakat OKU dipastikan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cacing jenis filarial tersebut," tegasnya.

Dia menjelaskan, penyakit kaki gajah ini disebabkan oleh cacing filarial yang ditularkan ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk hingga terjadi pembengkakan luar biasa pada tubuh khususnya bagian kaki.

"Sejauh ini belum ada warga OKU yang mengalami gejala penyakit kaki gajah," ujarnya