Pertamina Sumbagsel sosialisasi penggunaan konverter kit kepada nelayan

id Konverter kit,Pertamina,Nelayan,Bahan bakar gas,bbg,Lpg

Pertamina Sumbagsel sosialisasi penggunaan konverter kit kepada nelayan

Pertamina Sumbagsel mensosialisasikan penggunaan alat Konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar (konverter kit) kepada 90 nelayan di Palembang yang menjadi penerima paket bantuan tersebut di Dermaga Sungai Lais Palembang, Selasa (16/10). (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pertamina Sumbagsel mensosialisasikan penggunaan alat Konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas (konverter kit) kepada 90 nelayan di Palembang yang menjadi penerima paket bantuan tersebut. 

“Kami sudah menunjukan paket konverter kit ini, kami juga akan menunjukkan bagaimana cara penggunaan alat konverter BBM ke LPG, prosesnya cukup mudah, kawan-kawan nelayan tinggal mengubah tuas yang ada di mesin supaya sumber energi untuk mesin mereka menggunakan LPG,” kata Pjs Region Manager Communication & CSR Sumbagsel Taufikurachman saat sosialisasi di Dermaga Sungai Lais Palembang, Selasa. 

Menurutnya paket Konverter Kit tersebut guna membantu ekonomi masyarakat nelayan dalam menghemat biaya operasional dengan mengganti sumber energi dari BBM ke LPG dan juga penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan karena emisi LPG jauh lebih rendah daripada BBM.
 
Pertamina Sumbagsel mensosialisasikan penggunaan alat Konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar (konverter kit) kepada 90 nelayan di Palembang yang menjadi penerima paket bantuan tersebut di Dermaga Sungai Lais Palembang, Selasa (16/10). (Ist)

Dia menjelaskan sosialisasi dilakukan langsung oleh Fungsi Domestic Gas Region II Pertamina MOR II Sumbagsel dan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, dimana para penerima Konverter Kit ini diberikan pengenalan paket konverter Kit BBM ke LPG yang terdiri dari mesin penggerak, As panjang, baling-baling, dua buah tabung LPG 3 Kg, serta aksesoris pendukung lainnya. 

Pihaknya juga mengingatkan nelayan penggunaan LPG dengan benar guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama tips merawat, dan memastikan tabung LPG 3 Kg dalam keadaan baik serta tips jika terjadi kerusakan, kebocoran, hingga kebakaran menjadi fokus memastikan aspek keamanan pemakaian LPG pada mesin converter.

“Kami tidak hanya mengingatkan penggunaan LPG saat di pakai mencari ikan, ketika sudah selesai mencari ikan, tabung LPG 3 Kg  pasti akan disimpan, kami juga mengingatkan bagaimana cara menyimpan tabung dan peralatan lainnya dengan baik, sehingga mengurangi potensi tidak aman bila dipakai kembali,” ujar Taufik. 

Dalam kesempatan tersebut salah satu kapal nelayan milik Edi dijadikan contoh bagaimana penggunaan Konverter Kit tersebut. 

“Dari sisi tenaga, mesin ini sangat optimal untuk operasional kami dengan penggunaan bahan bakar yang lebih irit tentunya, semoga ketika semua sudah dipasang Konverter Kit nya, manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh teman-teman nelayan,” ungkap Edi.

Bersamaan dengan sosialisasi ini juga dilakukan pemberian simbolis kepada perwakilan nelayan penerima paket Konverter Kit, rencananya pembagian Konverter Kit kepada seluruh nelayan ini akan dilakukan bertahap hingga 19 Oktober.

Kegiatan sosialisasi  juga dihadiri Anggota Komisi VII DPR RI Nazaruddin Kiemas, Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Aprizal Hasyim, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Heru Riyanto, dan Region Manager Domestic Gas II Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel Teddy Bariadi.