Pemkab Ogan Komering Ulu bangun rumah singgah

id rumah singgah,oku,Kabupaten Ogan Komering Ulu,anak jalanan,berita sumsel,berita palembang,antara palembang

Dokumentasi- Peresmian Rumah Singga. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019 membangun rumah singgah guna menampung dan membina anak jalanan di wilayah itu agar tidak berkeliaran lagi di jalan.

"Persoalan anak jalanan ini kami sudah menemukan solusinya karena tahun depan Kabupaten OKU akan memiliki rumah singgah," kata Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu Syaiful Kamal di Baturaja, Selasa.

Dia mengemukakan rumah singgah tersebut rencananya dibangun di kawasan Jalan Ganesha Desa Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur.

"Selama ini anak jalanan yang ditertibkan hanya dilakukan pendataan dan pemanggilan orang tua saja karena belum ada rumah singgah untuk menampung mereka," katanya.

Dengan adanya rumah singgah, kata dia, seluruh anak jalanan yang ditertibkan akan dibina oleh pihaknya dengan melibatkan beberapa instansi terkait di pemkab setempat, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Kantor Kementerian Agama, polres, dan TNI.

"Mereka akan dibina selama tiga hari di rumah singgah tersebut. Untuk pihak dari instansi nantinya bertugas sesuai tugasnya," kata dia.

Terkait dengan pembinaan, Syaiful mencontohkan jika anak jalanan ingin melanjutkan sekolah hal itu menjadi tugas Dinas Pendidikan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Selain mendapat pembinaan, lanjutnya, para anak jalanan juga dapat menentukan pilihan untuk masa depan, apakah ingin sekolah lagi atau berlatih keterampilan sebagai modal untuk bekerja.

"Jika ingin pelatihan kerja bisa diarahkan ke Dinas Tenaga Kerja OKU, sementara kami hanya memfasilitasi saja," katanya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar