Pemkot Palembang tingkatkan program pengendalian banjir

id dam,pengendalian banjir,musim hujan,kolam retensi,berita sumsel,berita palembang,Sekda Palembang, Harobin Mastofa

Pemkot Palembang tingkatkan program pengendalian banjir

Arsip- Kolam retensi, (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya meningkatkan program pengendalian banjir menghadapi musim hujan yang diprediksi mulai terjadi pada November 2018.

Program pengendalian banjir seperti kegiatan gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan pada setiap akhir pekan, normalisasi sungai, pembangunan kolam retensi dan kegiatan lainnya diupayakan lebih baik lagi," kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, kegiatan gotong royong yang dilakukan di kawasan permukiman penduduk, perkantoran, pasar tradisional dan tempat lainnya yang telah berjalan dengan baik setiap akhir pekan sejak dua tahun terakhir perlu ditingkatkan karena manfaatnya sangat besar.

Kegiatan gotong royong, selain dapat menciptakan lingkungan bersih juga mempererat tali silaturahim antarmasyarakat dan jajaran Pemkot Palembang.

Untuk meningkatkan kegiatan gotong royong, pihaknya berupaya memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bersama-sama membersihkan lingkungan permukiman dan tempat lainnya agar selalu bersih, indah, dan nyaman sebagai tempat tinggal serta melakukan berbagai aktivitas.

"Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong-royong, jajaran Pemkot Palembang setaip Minggu pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya melakukan pembersihan saluran air, sungai, dan lingkungan sekitar dari sampah dan rumput liar, " ujarnya.

Selain kegiatan pembersihan secara gotong royong, pihaknya juga berupaya menambah kolam retensi di sekitar kawasan permukiman dan kawasan lainnya yang rawan terjadi genangan air ketika hujan lebat turun dalam waktu di atas satu jam.

Kemudian menuntaskan normalisasi Sungai Bendung dan pemasangan pompa pengendalian banjir di sejumlah kawasan rawan terjadi genangan air hujan.

Melalui upaya tersebut diharapkan permasalahan genangan air di sejumlah kawasan permukiman, perkantoran, dan jalan protokol pada setiap musim hujan bisa diatasi, kata Sekda.