Sutopo dedikasikan penghargaan untuk kemanusiaan

id Sutopo Purwo Nugroho,berita sumsel,berita palembang,antara palembang

Sutopo dedikasikan penghargaan untuk kemanusiaan

Sutopo Purwo Nugroho. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mendedikasikan penghargaan yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Ikatan Ahli Komunikasi Indonesia kepada kemanusiaan.

"Saya mengucapkan terima kasih. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua insan kemanusiaan yang selalu hadir membantu korban bencana," kata Sutopo melalui grup perpesanan instan di Jakarta, Selasa.

Sutopo mengucap syukur atas penghargaan Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dan "Communicatir of The Year 2018" yang diserahkan Senin (15/10) malam di Bandung.

Sutopo sendiri tidak bisa menghadiri penyerahan penghargaan itu karena harus menjalani kemoterapi untuk kanker paru-paru stadium IVB yang diidapnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta sehingga diwakili Kepala Bidang Hubungan Masyarakat BNPB.

"Terima kasih kepada teman-teman media. Penghargaan ini ada karena jasa teman-teman media yang selalu memberitakan penanganan bencana," katanya.

Menurut Sutopo, media sangat penting dalam penanggulangan bencana karena mampu mengubah politik, mempengaruhi sikap dan perilaku masyaraka.

"Media mampu menyelamatkan masyarakat dari bencana. Ketika terjadi bencana, semua bergerak karena panggilan kemanusiaan. Saya hanya penyambung lidah dari semua yang dilakukan para pelaku kemanusiaan," katanya.