Fitri ingin anak muda meneruskan kerajinan jumputan

id wakil walikota,palembang,fitrianti,kerajinan,Jumputan

Fitri ingin anak muda meneruskan kerajinan jumputan

Fitrianti agustinda ketika mengunjungi sentra jumputan di kelurahan tuan kentang, senin (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18.)

....Pemkot akan membantu pengrajin dalam mengembangkan usaha dengan memberikan modal, pelatihan dan pemasaran....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda ingin generasi muda dapat meneruskan menjadi pengrajin jumputan yang menjadi kain andalan kota Palembang. 

"Tadi saya lihat yang mengerjakannya dari kaum ibu-ibu artinya yang sudah senior dan anak mudanya ada beberapa orang. Maka dari itu kerajinan ini harus kita lestarikan dengan menurunkan kepada generasi muda untuk melanjutkannya," ujarnya saat melakukan kunjungan di kelurahan tuan kentang, Senin. 

Kerajinan ini kata dia harus dilakukan secara turun temurun kepada generasi muda. Sebab kain jumputan ini sudah dikenal oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. "Selain songket, kami juga mempromosikan kain jumputan sebagai kain andalan yang memiliki motif luar biasa," katanya. 

Lanjut Fitri, pemkot akan membantu pengrajin dalam mengembangkan usaha dengan memberikan modal, pelatihan dan pemasaran. Mereka juga cukup mandiri dalam  mengembangkan usaha untuk maju, tentunya dari usaha inilah bisa memajukan perekonomian kecil.

Ditambahkan Abdul Rahman salah satu ketua kelompok kerajinan mengatakan dalam dua hari bisa menghasilkan satu kain satu meter dan satu bulan ini saja bisa memproduksi 150 lembar kain. 

"Untuk karyawan yang ada kami memperkerjakan masyarakat setempat untuk bekerja dan secara langsung bisa menggerakan roda perekonomian masyarakat,"ungkapnya. 

Ia menambahkan jika gejolak kenaikan mata uang dolar ini cukup mempengaruhi produksi namun yang penting bahan baku masih dan bisa diperoleh. Sebab semua berasal dari ekspor seperti jepang, cina, jepang dan lokal.

"Mengapa bahan lokal ini tidak kami gunakan? karena kualitasnya menjadi kendala sendiri," tutupnya.