400 Pesepeda berkeliling di Kota Palembang

id pesepeda,berkeliling,Palembang

400 Pesepeda berkeliling di Kota Palembang

Sebanyak 400 Pesepeda berkeliling di Kota Palembang dalam rangka mengurangi penggunaan kendaraan berbasis mesin di Plaza Monpera Palembang, Minggu (14/10). (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 400 pesepeda berkeliling di Kota Palembang dalam rangka mengurangi penggunaan kendaraan berbasis mesin dan meningkatkan kegemaran bersepeda pada masyarakat di Plaza Monpera. 

"Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga bisa menjadi sarana olahraga yang ramah lingkungan dan tidak membuat polusi udara," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Palembang Ahmad Djazuli, Minggu. 

Ia mengaku dalam waktu dekat tepatnya pada 20 Oktober akan digelar hal serupa dalam konsep berbeda serta akan mengajak 2000 pesepeda se-Nusantara. 

"Sistem yang digunakan adalah Challange Race, jadi ada sepuluh titik poin yang ditempuh. Pada Zona Ilir dan Zona Ulu setiap peserta diberi petunjuk untuk mencapai titik-titik tersebut dan finish di Monpera," ujarnya. 

Ia menambahkan, Selain Palembang, peserta juga berasal dari berbagai kota bahkan dari luar Sumsel, yaitu Prabumulih, Banyuasin, Ogan Ilir, Jambi, dan Lampung.

"Sepeda merupakan sarana transportasi ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi udara, dan membuat sehat, serta kita bisa mengamati pemandangan dengan lebih detail. Terbukti saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan saat akhir pekan," jelas Ahmad.

Ia berharap pemerintah kota selalu berkomitmen dengan pihak penyelenggara untuk menjadikan ini sebagai agenda rutin.