Pemkab Musi Banyuasin kembangkan kampung KB

id kampung kb,Dodi Reza Alex Noerdin,dana desa,pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin,antara palembang,berita sumsel,berita palembang,pertumbuhan penduduk,o

Pemkab Musi Banyuasin kembangkan kampung KB

Mobil layanan KB (ANTARA FOTO)

Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus berupaya mengembangkan Kampung Keluarga Berencana untuk memaksimalkan program pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

"Saat ini baru ada beberapa Kampung Keluarga Berencana (KB) di sejumlah kecamatan, ke depan diupayakan ada di seluruh kecamatan," kata Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, di Sekayu, Jumat.

Dia menjelaskan, pengembangan Kampung KB sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat agar manfaat program pengendalian laju pertumbuhan penduduk bisa lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat secara luas.

"Untuk melakukan pengembangan itu, pihaknya menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bersinergi dalam pembentukan Kampung KB, sehingga pengembangannya bisa lebih cepat karena jika mengandalkan satu OPD membutuhkan waktu lama mengingat terbatasnya angggaran.

Dengan bersinergi, berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain jumlah Kampung KB diharapkan dalam waktu dekat bisa dilipatgandakan atau berkembang sesuai dengan target yang diharapkan.

"Sinergi antarOPD di kabupaten ini, tidak hanya dalam melakukan pengembangan jumlah Kampung KB, tetapi juga dalam mengisi berbagai kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu," ujar Dodi.

Menurut dia, melihat pelaksanaan program KB yang telah berjalan dengan baik di Bumi Serasan Sekate ini, pihaknya optimistis bisa melakukan pengembangan Kampung KB sesuai dengan target yang diharapkan.

Untuk mengembangkan program tersebut, kata dia, dilakukan secara bertahap dengan penentuan lokasi di desa dan kecamatan yang populasinya dianggap sudah padat sehingga pembangunan berwawasan kependudukan dapat dilaksanakan bersama masyarakat setempat, ujar Bupati.