Pemkot Palembang maksimalkan program kota tanpa kumuh

id Fitrianti Agustinda,Kota Tanpa Kumuh,program Kota Tanpa Kumuh,Bumi Sriwijaya,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Wakil Wali Kota Palembang

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda. (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan Program "Kota Tanpa Kumuh" untuk menghilangkan kawasan kumuh dan lebih memperindah wajah kota.

"Dengan memaksimalkan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) diharapkan dapat mewujudkan Bumi Sriwijaya ini menjadi kota layak huni, nyaman dan indah," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, sejak dua tahun terakhir, secara bertahap dilakukan penataan 57 kawasan kumuh yang tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan.

Untuk menata kawasan kumuh, katanya, dilakukan pembenahan dan penambahan fasilitas umum di kawasan permukiman penduduk serta penanaman pohon pelindung dan buah-buahan.

Menurut dia, pembenahan kawasan kumuh tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, dan diharapkan mendapat dukungan dana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah pusat.

Untuk melakukan pembenahan kawasan kumuh membutuhkan dana yang cukup besar bisa mencapai ratusan miliar rupiah yang tidak mungkin bisa dipenuhi dari APBD Kota Palembang yang jumlahnya terbatas dan digunakan untuk program pembangunan lainnya.

Selain menggalakkan program tersebut, untuk menciptakan lingkungan yang bersih pihaknya juga berupaya mengedukasi warga kota untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menerapkan denda bagi masyarakat yang membuang sampah di luar tempat yang ditentukan, kata Fitri.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar