BPBD: belum ada laporan kerusakan akibat gempa

id gempa,sidoarjo,jatim,bmkg,bnpb

Pasien dievakuasi keluar ruangan ketika terjadi gempa di RS Larasati Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (11/10) dini hari. Data BMKG, gempa bermagnitudo 6,4 SR yang berpusat di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada pukul 01.44.57 Wib dengan kedalaman 10 km itu menimbulkan kepanikan di beberapa daerah di Madura. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri/EM)

Situbondo (ANTARA News Sumsel) - Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan menyatakan untuk sementara hingga saat ini belum ada laporan kerusakan rumah maupun korban jiwa di Kabupaten Situbondo, akibat gempa bumi 6,3 Skala Richter.

"Hingga pagi ini setelah kami melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan teman-teman di lapangan wilayah timur maupun wilayah barat, dampak gempa dilaporkan tidak ada kerusakan maupun korban jiwa di wilayah Kabupaten Situbondo," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Kamis pagi.

Kendati demikian, gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6,3 SR oleh BMKG, lanjut dia, petugas BPBD setempat juga telah melakukan survei ke desa-desa guna mengetahui dampak gempa bumi yang terjadi pada Kamis (11/10) dini hari pukul 01.44 WIB.

Dari hasil survei dan koordinasi, katanya, petugas belum menemukan kerusakan rumah maupun korban jiwa akibat gempa bumi yang titik koordinatnya terletak pada 7,47 LS dan 114,43 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 KM arah timur laut Kota Situbondo, pada kedalaman 12 km.

"Ada informasi kerusakan melalui media sosial, namun setelah kami cek bukan di wilayah Situbondo. Oleh karena itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah menyebar foto maupun video jika belum jelas lokasinya," katanya.

Sementara Ahmad Dhafir, salah seorang warga Dusun Pesisir, Desa/ Kecamatan Jangkar mengatakan bahwa guncangan gempa dirasakan sangat besar hingga membuat warga pesisir timur Situbondo itu berhamburan keluar rumah dan menyelamatkan diri.

"Kami bersama keluarga langsung beranjak keluar rumah, dan kami sangat kaget karena belum pernah merasakan guncangan gempa begitu besarnya. Alhamdulillah di kampung kami meskipun guncangan sangat kuat tidak sampai ada kerusakan akibat gempa," katanya.

Guncangan gempa bumi dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Situbondo selama 2-5 detik, hingga masyarakat berhamburan keluar rumah.

Gempa bumi 6,3 SR, terasa di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto.
 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar