Pemkab Musi Banyuasin manfaatkan potensi perikanan tangkap

id tangkap ikan,ikan tambak,pertambak ikan,nelayan,Kementerian Kelautan Dan Perikanan,Beni Hernedi, sekayu,wakil bupati,Rencana Pengelolaan Perikanan

Pemkab Musi Banyuasin manfaatkan potensi perikanan tangkap

Arsip- Tambak ikan warga. (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah)

Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya memanfaatkan potensi perikanan tangkap di perairan umum daratan yang hingga kini belum dikelola secara maksimal.

"Kementerian Kelautan Dan Perikanan memprediksi potensi perikanan tangkap di perairan umum daratan cukup tinggi mencapai tiga juta ton lebih per tahun, namun potensi yang besar itu saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.

Dia menjelaskan, potensi perikanan tangkap di perairan umum daratan yang cukup tinggi itu belum digarap secara maksimal sehingga terkesan produksi perikanan dari daerah ini sebagai sumbangan dari perairan laut.

Melihat besarnya potensi tersebut, untuk memanfaatkannya secara maksimal pihaknya berupaya melakukan berbagai tindakan untuk membangun perikanan perairan umum daratan, katanya.

Menurut dia, berbagai upaya yang dilakukan untuk membangun perikanan perairan umum daratan antara lain mempromosikan pentingnya dan peranan sub sektor perikanan.

Kemudian memberikan perhatian terhadap riset di bidang sumberdaya perikanan, melakukan evaluasi sumber daya, melaksanakan monitoring dan evaluasi (termasuk perbaikan statistik perikanan) dan kapasitas sumber daya manusia.

Selain itu berupaya menggalakkan pertemuan pembahasan draft Rencana Pengelolaan Perikanan (RPP) Perairan Umum seperti yang rutin dilakukan Dinas Perikanan Musi Banyuasin.

Kabupaten Musi Banyuasin menjadi objek yang tepat untuk mengembangkan perikanan tangkap perairan umum daratan secara maksimal karena keanekaragaman hayati yang melimpah dan habitat yang relatif baik, kata Wabup.