Dinas Pertanian Musirawas Utara panen raya bersama

id panen,Musirawas Utara panen raya,berita sumsel,berita palembang,pembina desa,antara palembang

Arsip- Petani panen padi. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan panen raya padi bersama dengan bintara pembina desa dan kelompok tani setempat.

Bupati Musirawas Utara HM Syarif Hidayat usai panen raya di Desa Pauh Rabu mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayah Musirawas Utara telah berhasil menanam padi hingga panen ini.

Alhamdulillah, Desa Pauh berhasil melaksanakan panen raya, dan semua ini berkat kerja keras para petani hingga menuai keberhasilan, kata Bupati.

Ia mengatakan wilayah ini panen yang dilakukan di atas lahan seluas 733 hektare dan dalam satu ha dapat menghasilkan padi 7,6 ton.

Itu sudah sangat luar biasa dan tahun depan akan ditingkatkan lagi menjadi 2000 ha, ujar dia. Pihaknya sangat bangga atas panen raya di desa ini karena itu merupakan salah satu visi misi kami dalam hal pemanfaatan lahan tidur, kata dia. Ia mengatakan bisa dibayangkan jika satu hektar menghasilkan 7,6 ton padi dan bila 2000 ha maka ketahanan pangan semua akan terpenuhi, apalagi jika dalam satu tahun bisa dua atau tiga kali panen.

Sementara Dandim 0406/Musi Rawas Letkol Kav Dodi Syamsurizal mengatakan, jajaranya akan terus memberikan motivasi serta dukungan dan akan terus mendampingi para petani untuk mendukung program pemerintah dalam hal swasembada pangan.

Sesuai petunjuk komando atas, kami memerintahkan para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0406/Mura yang ada di masing-masing wilayah binaan untuk selalu membantu kesulitan dan kebutuhan para petani," kata Dandim.

Menurut dia, jadi dengan selalu memantau mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga memasuki masa panen diharapkan hasil panen sesuai yang diinginkan.

Bupati Musirawas Utara juga memberikan bantuan Alat Mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani Desa Pauh diantaranya 16 unit Hansplanter, 4 unit mesin pompa air dan 2 unit traktor roda dua.

Selain itu Bupati juga memberikan penghargaan kepada warga yang telah bersedia menghibahkan tanahnya untuk dijadikan jalan umum.

Usai melakukan panen raya, rombongan meninjau lokasi Karya Bakti yang dilakukan Kodim 0406/Mura bersama masyarakat dalam pembukaan jalan menghubungkan Desa Batu Kucing dan Desa Pauh l sepanjang 6,5 km.

Selain itu meninjau pembangunan Puskesmas di Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musirawas Utara, Sumsel.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar