Terlalu banyak gula memicu anak berperilaku buruk

id anak-anak,makan yang manis,gula,makan banyak permen,minuman berenergi,cenderung menjadi brutal, minum alkohol,merokok,berita sumsel,berita palembang,a

Terlalu banyak gula memicu anak berperilaku buruk

Seto Mulyadi atau Kak Seto (kiri) mengajak bermain anak-anak. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/kye)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Anak yang mengonsumsi terlalu banyak gula itu, menurut penelitian, cenderung menjadi brutal, minum alkohol, dan merokok.

Tinjauan dari penelitian yang sudah ada menemukan bahwa makanan dan minuman yang mengandung banyak gula itu meningkatkan perilaku berisiko pada anak usia 11 hingga 15 tahun.

Anak-anak hampir tiga setengah kali lebih cenderung menjadi pengganggu bila mereka makan banyak permen dan minuman berenergi, sebuah penelitian menemukan fakta tersebut.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa kadar gula tinggi membuat anak lebih berpotensi dua kali lebih banyak terlibat perkelahian, dan 95 persen lebih cenderung menjadi pemabuk, demikian laporan dailymail, yang dikutip Rabu.

Para peneliti di belakang penelitian ini berkata bahwa minuman berenergi memperburuk perilaku anak lebih dari cokelat atau permen karena di dalamnya mengandung kafein juga.

Penelitian yang dilakukan oleh Bar Ilan University di Israel terhadap 137.284 anak usia 11, 13, atau 15 tahun dan hidup di 25 negara Eropa atau Kanada. Para peneliti membandingkan berapa banyak kadar gula yang dikonsumsi anak dengan berapa banyak mereka terlibat perkelahian, menganggu satu sama lain, mengisap rokok, minum alkohol, dan mabuk. Mereka menemukan ada korelasi yang kuat di antara keduanya.

Demikian juga penelitian di Inggris, anak-anak yang mengonsumsi banyak permen, cokelat, dan minuman berenergi itu 89 persen cenderung merokok dan 72 persen cenderung minum alkohol. Mereka juga 2,13 kali cenderung terlibat perkelahian dan memiliki peluang 69 persen lebih tinggi menjadi penganggu.

Penelitian ini untuk pertama kali melihat efek gula terhadap kekerasan dan penyalahgunaan zat pada anak.

Kendati tidak disebutkan kadar gula yang menjadi acuan penelitian, National Health Service (NHS) memiliki pedoman yang jelas.

Anak-anak usia di atas 11 tahun tidak mengonsumsi lebih dari 30 gram gula tambahan per harinamun, terdapat makanan dengan kadar gula tinggi, seperti dalam minuman karbonasi (35 gram) dan cokelat bar (33 gram).

Sementara itu, untuk anak yang usianya lebih mudausia 4 hingga 6 tahun itu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 19 gram gula per hari.

Para penulis penelitian menuliskan bahwa hubungan antara minuman manis dan keterlibatan kekerasan di dalamnya adalah berasal dari permen dan cokelat.

"Karena minuman bergula juga sering mengandung banyak zat adiktif, termasuk kafein, termasuk gula yang dikombinasikan dengan beberapa zat adiktif yang terkandung dalam minuman ringan juga menjadi prediktor yang kuat atau konsisten," pungkas mereka.