Pemkab Musi Banyuasin fasilitasi masyarakat berpendidikan tinggi

id pendidikan,Musi Banyuasin,Ade Harmonika,Desa Tanjung Bali, Kecamatan Batanghari Leko,beasiswa sekolah luar negeri,berita sumsel,antara palembang,Progr

Pemkab Musi Banyuasin fasilitasi masyarakat berpendidikan tinggi

Beasiswa. (Ist)

Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus berupaya memfasilitasi masyarakat di daerah itu mendapatkan pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri.

"Untuk memfasilitasi masyarakat mendapatkan pendidikan tinggi, disiapkan program beasiswa tidak terputus dari sekolah dasar hingga ke jenjang perguruan tinggi," kata Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, tidak ada lagi tawar menawar di dunia pendidikan, pihaknya memberikan wujud perhatian yang sangat besar untuk mencetak generasi penerus bangsa dengan memfasilitasi pendidikan yang tidak terputus hingga perguruan tinggi.

Siswa SMA yang baru meninggalkan bangku sekolah beberapa bulan terakhir, cukup banyak difasilitasi langsung melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di berbagai daerah di Tanah Air, dan bahkan ada yang dibantu melanjutkan ke universitas di luar negeri.

"Masyarakat yang memliki keinginan untuk mendapatkan pendidikan secara maksimal hingga ke jenjang perguran tinggi bisa memanfaatkan program beasiswa yang disediakan pemerintah kabupaten ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, berbagai upaya dilakukan untuk pembangunan pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia di Bumi Serasan sekate ini.

Program sekolah gratis yang dicanangkan mantan Gubernur Alex Noerdin pada 2002 terus ditingkatkan dengan memberikan seragam dan alat tulis untuk siswa pada tahun ajaran baru 2018/2019.

Selain itu, juga diberikan kuliah gratis bagi siswa-siswi yang berprestasi di Politeknik Sekayu dan Akademi Keperawatan Sekayu serta santri jadi dokter di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Masyarakat daerah ini harus memanfaatkan peluang melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi yang dibuka Pemkab Musi Banyuasin maupun pemerintah pusat.

"Salah satu putra terbaik Musi Banyuasin Ade Harmonika dari Desa Tanjung Bali, Kecamatan Batanghari Leko pada tahun ini mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan ke China bantuan pemerintah pusat," ujar Bupati.

Sementara Sumarno, orang tua Ade Harmonika mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dodi Reza atas perhatian dan dukungannya memberikan bantuan sejumlah uang untuk pendidikan anaknya.

"Kami sangat terbantu atas kepedulian Pemkab Muba, semoga cita-cita anak saya tercapai dan bisa ikut berkontribusi membangun kabupaten ini," ujarnya.