Tenaga ahli bakal dampingi pengrajin Palembang

id Fitrianti Agustinda,pengrajin Palembang,pendampingan pengrajin,berita sumsel,berita palembang,berita antara

Tenaga ahli bakal dampingi pengrajin Palembang

Wakil Wali Kota Palembang Firtianti Agustinda di sentra kerajinan warga Palembang. (Dok.Humas Pemkot Palembang)

Pemkot telah membuat pemetaan dengan membagi tiap-tiap kecamatan sebagai sentra industri yang berbeda-beda
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tenaga ahli bakal mendampingi pengrajin asal Palembang sehingga dapat melahirkan aneka produk penuh inovasi dan berorientasi kebutuhan konsumen.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu, seusai meninjau sentra industri di Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang, Selasa, mengatakan, pemkot telah membuat program pelatihan bagi pengrajin dengan bimbingan tenaga ahli.

"Pemkot akan memfasilitasi agar industri rumahan ini bisa maju, salah satunya dengan memberikan pendamping dari tenaga ahli," kata dia.

Ia mengatakan pemkot telah mengusung program "Palembang EMAS Darussalam" 2018-2023 yang akan membantu pinjaman modal tanpa bunga dan agunan bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pemkot telah membuat pemetaan dengan membagi tiap-tiap kecamatan sebagai sentra industri yang berbeda-beda.

Seperti di kawasan Kelurahan Karya Mulya ini, yang menjadi sentra kerajinan rajutan. Akan jauh lebih baik difokuskan kepada satu bidang sehingga nanti bisa sekaligus dibuatkan galerinya. Pemkot akan membantu modal, pelatihan hingga pemasarannya.

Sementara itu, Ketua Sentra Kerajinan Cahaya Abadi RT 09 Kelurahan Karya Mulya, Setia Rini menambahkan, sedikitnya 12 orang ibu rumah tangga yang aktif dalam kegiatan ini.
"Kami berharap adanya bantuan dari pemerintah dalam mengembangkan usaha ini. Usaha ini hanya sebatas swadaya masyarakat. Jadi kami berharap dengan adanya bantuan pinjaman modal dan pendampingan dari pemerintah maka dapat memajukan perekonomian masyarakat di sini," kata dia.