Pemkab Musi Banyuasin manfaatkan karet aspal jalan

id aspal karet,berita sumsel,berita palembang,pemanfaatan karet pengganti aspal,berita antara,Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian

Pemkab Musi Banyuasin manfaatkan karet aspal jalan

Arsip- Perbaikan jalan. (Foto Ist)

Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) memanfaatkan karet rakyat yang beberapa tahun terakhir harganya anjlok untuk mengaspal jalan.

"Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin dijadwalkan akan meresmikan peluncuran/launching uji terap aspal karet sepanjang 465 meter di Desa Mulyo Rejo (B4) Kecamatan Sungai Lilin, pada 11 Oktober 2018," kata Sekda Musi Banyuasin, Apriyadi di Sekayu, Selasa.

Peluncuran uji terap aspal karet akan dihadiri Dirjen Bina Marga Kementerian PU PR, Kepala Puslitbang Jalan Jembatan (Pusjatan) Kementerian PU PR, Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, tambahnya.

Dia menjelaskan pihaknya berupaya merealisasikan kebijakan penggunaan karet alam untuk aspal infrastruktur jalan di kabupaten ini sehingga penjualannya tidak tergantung pabrik karet dan kebutuhan dunia.

Pemanfaatan karet untuk aspal infrastruktur jalan dapat membantu penyerapan produksi karet daerah ini dan membantu petani karet menghadapi kondisi anjloknya harga karet di pasaran dunia.

Petani karet sudah cukup lama menderita karena harga getah karet yang dihasilkan kebun mereka tidak juga bergerak naik sesuai dengan harapan.

Melalui kebijakan pemanfaatan karet untuk mengaspal jalan di kabupaten ini, diharapkan secara bertahap dapat menyerap produksi karet petani setempat dan mendongkrak harganya hingga mencapai nilai yang cukup tinggi, ujar Sekda.