Kominfo maksimalkan program layanan publik berbasis online

id Sistem Pengolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional,SP4N,LAPOR,Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat,Kominfo sumsel,berita sumsel,berita palem

Kominfo maksimalkan program layanan publik berbasis online

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (kominfo.go.id)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan terus memaksimalkan program layanan publik terutama yang berbasis jaringan atau online berupa Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Sistem Pengolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Sumsel Amrullah di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya memaksimalkan layananan yang berbasis aplikasi berjaringan tersebut untuk menampung dan menyelesaikan keluhan masyarakat di daerah tersebut.

"Apalagi layanan aplikasi berbasis jaringan internet itu sebagai salah satu sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat di seluruh daerah Sumsel sehingga harus dimaksimalkan," ujar dia.

Menurut dia, dalam upaya memaksimalkan layanan publik tersebut pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi untuk melakukan implementasi dan menyepakati alur mekanisme kerja pengelolaan pengaduan LAPOR serta menyediakan agenda pembinaan kepada Organisasi Perangkat Daerah sebagai penghubung.

"Jadi untuk tim leading sektor dari inspektorat diharapkan dapat terus berkoordinasi terkait monitor progres di masing-masing penghubung sehingga rekapan pengelolaan LAPOR dapat diketahui dengan baik," ujar dia.

Dia menambahkan evaluasi LAPOR dan SP4N harus terus dilakukan agar dapat menjadi salah satu sarana dalam menyerap aspirasi masyarakat di seluruh daerah.

"Evaluasi itu cukup penting supaya dapat terwujud pelayanan publik online yang dapat melayani masyarakat dengan lebih baik di masa depan," katanya.

Sehubungan itu pihaknya terus mengevaluasi dan berkoordinasi supaya layananan publik tersebut semakin bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sementara perwakilan dari Transformasi GIZ Jenny mengatakan bahwa pada evaluasi kali ini berfokus pada target kerja 2018 yaitu keterhubungan LAPOR kepada seluruh wilayah di Indonesia, khususnya untuk Sumsel karena masih ada daerah yang belum terhubung.

"Oleh karena itu dalam pengelolaannya setiap pihak harus memahami dengan baik Standar Operasional kerja untuk para pengelola LAPOR, yaitu admin kominfo, admin inspektorat, dan admin dari humas," ujar dia.

Sementara rencana tindak lanjut layanan tersebut antara lain pelaksanaan pembinaan kepada Organisasi Perangkat Daerah Sumsel, database laporan masyarakat provinsi, kabupaten dan kota serta menyiapkan layanan terpadu lainnya, tambah dia.