Pemkab Minahasa Tenggara masih siagakan posko erupsi Soputan

id Gunung Soputan,Minahasa Tenggara,letusan Gunung Soputan,posko erupsi Gunung Soputan,posko erupsi,Ferry Uway,aktivitas Gunung Soputan,BPBD

Pemkab Minahasa Tenggara masih siagakan posko erupsi Soputan

Arsip Foto. Pemandangan Gunung Soputan saat menyemburkan awan panas. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Minahasa Tenggara (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara hingga saat ini masih menyiagakan posko erupsi Gunung Soputan di sejumlah kecamatan.

"Sampai saat ini posko erupsi Gunung Soputan masih tetap kami siagakan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara Ferry Uway di Ratahan, Senin.

Ia mengatakan operasional posko tersebut di bawah koordinasi pihak pemkab, TNI, kepolisian, dan Basarnas.

"Ini merupakan posko bersama antarinstansi dan lembaga dalam penanganan jika terjadi erupsi susulan Gunung Soputan," kata dia.

Ferry mengungkapkan posko tersebut akan disiagakan sampai aktivitas Gunung Soputan tidak lagi menunjukkan peningkatan.

"Posko ini akan terus disiagakan sampai kondisi benar-benar dinyatakan aman. Soal waktunya kapan, kami tidak bisa memprediksikan apalagi Gunung Soputan masih berstatus siaga," ujarnya.

Selain itu, Ferry meminta masyarakat agar tidak mendekati wilayah Gunung Soputan dengan radius empat kilometer dari puncak.

"Kawasan Gunung Soputan kami nyatakan masih tertutup untuk aktivitas warga maupun pendakian dengan radius empat kilometer," katanya.