Lewis Hamilton Juara GP Jepang

id Lewis Hamilton,f1, formula 1,balap mobil,berita sumsel,berita palembang

Lewis Hamilton Juara GP Jepang

Pebalap Formula Satu dari tim Mercedes Lewis Hamilton. (ANTARA Sumsel/REUTERS/Laszlo Balogh)

Suzuka, Jepang (Antara/Reuters) - Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton menjuarai balapan formula 1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu.

Dengan hasil tersebut, Hamilton semakin kuat di puncak klasemen pebalap sementara dan memperlebar jarak sebanyak 67 poin dari pebalap Ferrari Sebastian Vettel di peringkat dua klasemen, demikian Reuters pada Minggu.

Pebalap Finlandia Valtteri Bottas mengamankan podium kedua untuk mempersembahkan finis satu-dua bagi tim Mercedes di Suzuka.

Sementara tempat ketiga diraih oleh pebalap Red Bull Racing Max Verstappen, walaupun sempat mendapatkan penalti lima detik di balapan.

Vettel, rival terdekat Hamilton, hanya mampu finis di peringkat enam setelah sempat bersenggolan dengan Max Verstappen yang membuat pebalap Jerman itu sempat melorot ke posisi 19.

Jika Hamilton menang di balapan selanjutnya, GP Amerika Serikat di Austin, pebalap Inggris berusia 33 tahun itu akan mengunci gelar juara dunia dengan tiga balapan tersisa.

"Kami semakin hari semakin kuat sebagai tim tahun ini. Austin adalah trek yang bagus secara umum bagi kami dan saya tak sabar lagi untuk menggeber mobil ini di sana," kata Hamilton yang memimpin setiap lap di sirkuuit Suzuka tadi.

Kemenangan tersebut adalah yang ke-71 kalinya bagi Hamilton di sepanjang karir balapnya, selisih 20 kemenangan dari rekor yang dipegang oleh Michael Schumacher.

Hamilton saat ini meraih poin 331 di puncak klasemen pebalap, sementara Vettel dengan 264 poin di peringkat dua.

Tim Mercedes pun memimpin peroleh poin di klasemnen konstruktor dengan 538 poin disusul oleh Ferrari di peringkat dua dengan 460 poin.

Vettel yang mengawali balapan dari posisi delapan, mengalami kecelakaan setelah bersenggolan dengan Verstappen ketika memperebutkan posisi ketiga.

Mobil Vettel berputar dan dia bisa melanjutkan balapan.

Steward tidak memberikan hukuman kepada kedua pebalap atas insiden tersebut.

Verstappen yang lebih dulu mendapatkan penalti lima detik karena memojokkan Kimi Raikkonen sehingga keluar trek bisa saja turun posisinya di belakang Vettel.

"Senggolan dengan Sebastian... di tikungan itu kalian tidak bisa menyalip. Saya memberinya ruang tapi dia understeer ke mobil saya," kata Verstappen.

Bos Ferrari Maurizio Arrivabene mengatakan bahwa podium sudah berada di depan mata timnya.

"Saya tahu situasinya tampak tidak mungkin tapi pekerjaan kami adalah untuk menantang hal yang tidak mungkin itu, itu lah yang akan kami lakukan di empat balapan selanjutnya," kata Arrivabene.