Pemkab OKU bentuk forump PUSPA atasi kekerasan perempuan

id PUSPA,Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan,Kabupaten Ogan Komering Ulu,Arman,forum PUSPA,program 3 Ends,perdagangan manusia dan Akhi

Pemkab OKU bentuk forump PUSPA atasi kekerasan perempuan

Anak-anak senang difoto dengan maskot Asian Games 2018. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membentuk Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) guna mengatasi masalah kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak-anak di wilayah itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ogan Komering Ulu (OKU), Arman di Baturaja, Senin mengatakan bahwa forum PUSPA ini dibentuk untuk menekan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan dengan memperkenalkan program 3 Ends kepada masyarakat setempat.

Program 3 Ends ini meliputi ajakan untuk mengakhhiri (Akhiri-end) kekerasan terhadap anak dan perempuan, Akhiri perdagangan manusia dan Akhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan.

Melalui Forum PUSPA tersebut, kata dia, program 3 Ends akan dicanangkan kepada masyarakat di OKU.

"Belum lama ini anggota Forum PUSPA sudah dibekali pelatihan oleh Dinas PPPA Provinsi Sumsel agar memahami tugas yang harus dilakukan di lapangan," katanya.

Dia mengemukakan, tugas pengurus dan anggota forum meliputi membangun kerjasama dengan pemerintah daerah setempat, lembaga serta seluruh masyarakat di wilayah itu.

Selanjutnya, mengkoordinasikan inisiatif, inovasi serta partisipasi masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak.

Selain itu, lanjutnya, memfasilitasi perempuan untuk berkreasi dalam meyalurkan bakat dengan memanfaatkan akses yang ada guna meningkatkan perekonomian.

"Anggota forum juga bertugas mengajak masyarakat untuk peduli dengan menjadi tim dalam mensejahterakan perempuan dan anak," ujar dia.