Pemprov Sumsel ajak masyarakat cegah kebakaran lahan

id kebakran lahan,kebakaran hutan,berita sumsel,berita palembang,pelaksana tugas,berita antara,Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel,iriansya

Pemprov Sumsel ajak masyarakat cegah kebakaran lahan

Petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Manggala Agni Daops Banyuasin, BPBD Kab Ogan Ilir, Pol PP Provinsi Sumsel, TNI dan Polri melakukan pemadaman kebakaran lahan. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mengajak masyarakat di daerah tersebut, terutama wilayah rawan terbakar untuk mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya rutin melaksanakan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat supaya hutan disekitarnya tidak terbakar, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Minggu.

Memang, lanjut dia, sosialisasi antara lain mengimbau dan mengajak supaya masyarakat tidak membakar dalam membuka lahan perkebunan. Apalagi cara membakar bukan saja dapat merusak juga menyalahi aturan.

Menurut dia, apalagi saat musim panas bila terjadi kebakaran hutan dan lahan sulit untuk dipadamkan sehingga cegah dini sangat diutamakan.

Oleh karena itu, pihaknya rutin melaksanakan sosialisasi pencegahan secara dini agar hutan dan lahan tidak terbakar, ucapnya.

Memang masyarakat berperan penting dalam mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di provinsi yang banyak lahan gambut tersebut.

Hal ini karena mereka langsung dan cepat dapat memadamkan titik api bila sudah timbul. Oleh karena itu, pihaknya membentuk desa peduli api terutama di daerah rawan terbakar, ujar dia.

Selain melaksanakan sosialisasi pihaknya rutin melaksanakan rapat koordinasi dalam pencegahan ke bakaran hutan dan lahan tersebut.

Hal ini karena pihaknya ada antara lain satuan tugas darat dan udara yang bersama - sama dalam mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, tambah dia.