PDAM OKU pastikan distribusi air bersih lancar

id pdam,penyaluran air bersih,berita sumsel,berita palembang,Mesin pemompa intake,pdam oku,Abi Kusno

PDAM OKU pastikan distribusi air bersih lancar

Instalasi pengelolaan air PDAM. (ANTARA News Sumsel)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memastikan distribusi air bersih pelanggan di wilayah Unit Pengolahan (UP) Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat yang sempat mengalami gangguan jaringan sudah lancar mengalir ke rumah warga.

"Upaya perbaikan sudah kami lakukan dan saat ini distribusi air bersih pelanggan sudah normal," kata Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, distribusi air bersih sebagian besar pelanggan di Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur sempat terganggu selama hampir sepekan akibat pompa intake di Unit Pengolahan (UP) Tanjung Agung terbakar pada 22 September 2018.

"Selama proses perbaikan, distribusi air bersih menjadi terganggu," katanya.

Dia mengemukakan, kerusakan pada mesin pemompa intake tersebut diduga akibat terlalu panas karena beroperasi selama 24 jam hingga terbakar.

Terbakarnya mesin ini, kata dia, mengakibatkan Water Treatment Plat (WTP) 1 tak bisa beroperasi karena tidak ada air baku untuk diolah.

"Kondisi mesin memang sudah tua sehingga dinilai perlu diganti yang baru," kata dia.

Dampak dari kerusakan tersebut, lanjut dia, distribusi air bersih ke saluran pelanggan menjadi tidak lancar karena hanya satu unit mesin pompa intake dan WTP di UP Tanjung Agung yang masih berfungsi normal.

Mesin pemompa intake 1 di IPA UP Tanjung Agung hanya memiliki daya hisap air 30 liter/detik sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih seluruh pelanggan di dua kecamatan tersebut.

"Perbaikan pada mesin intake yang terbakar sudah rampung sejak Rabu (26/9) petang dan langsung dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih seluruh pelanggan di sana," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar