Pengusaha RI-Prancis dialog bisnis kelapa sawit

id pengusaha ri-prancis,bahas bisnis sawit,kelapa sawit,sawit,kbri paris,pengusaha sawit,kebun sawit,cpo

Pengusaha RI-Prancis dialog bisnis kelapa sawit

Sekitar 100 orang pengusaha Prancis menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Prancis 2018 mengenai kelapa sawit untuk mempromosikan perdagangan dan investasi Indonesia di pasar Prancis dan Eropa. (ANTARA/Zeynita Gibbons)

London (ANTARA News Sumsel) -  Sekitar 100 orang pengusaha Prancis menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Prancis 2018 mengenai kelapa sawit untuk mempromosikan perdagangan dan investasi Indonesia di pasar Prancis dan Eropa.

Dialog terbatas yang diselenggarakan KBRI Paris tersebut juga bertujuan untuk mendapat masukan mengenai strategi memasuki pasar Prancis dan Eropa, kata Atase Ekonomi KBRI Paris, Karina Ratnamurti dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara London, Rabu.

Pada forum tersebut perwakilan Bank Indonesia London, Donny Hutabarat menyampaikan kondisi terkini makro ekonomi Indonesia, dan posisi Indonesia pada perekonomian dunia.

Saat ini masih banyak yang belum mengetahui besarnya potensi pasar di Indonesia, terutama kelas menengah, ujarnya.

Sementara Deputi Director Indonesia Investment Promotion Center London, Theopita Tampubolon mengatakan pasar Indonesia masih terbuka besar, dan banyak potensi yang dapat digali pada hubungan bisnis kedua negara.

Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Togar Sitanggang, di hadapan kalangan bisnis Prancis mengatakan kelapa sawit memberikan banyak  kontribusi, terutama dengan tingginya produktifitas tanaman, dan penggunaan lahan pada penanamannya, dibandingkan dengan jenis tumbuhan penghasil minyak lainnya seperti rapeseed dan sunflower oil.

Dalam dialog terungkap bahwa Prancis merupakan pasar yang sangat sulit untuk minyak kelapa sawit. Untuk itu perlu adanya penanganan secara maksimal yang dapat merangkul seluruh kalangan baik pemangku kebijakan, pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya.

Dipandang perlu adanya upaya penyebarluasan informasi secara terus menerus dan melalui berbagai cara yang tidak terlalu eksplisit dalam mempengaruhi opini publik di Prancis agar dapat memiliki pemahaman yang berimbang terkait minyak kelapa sawit.

Prancis merupakan negara mitra strategis Indonesia sejak tahun 2011, dengan fokus kerja sama, salah satunya adalah ekonomi dan pembangunan.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Prancis sebesar 2,57 miliar dolar AS tahun 2017, meningkat dari 2,34 miliar dolar AS pada tahun 2016.