Tiga jamaah Sumsel dirawat di Arab Saudi

id haji,jamaah haji,calhaj,kooter,embarkasi,jamaah haji dirawat,mekah,iabadah haji,smb ii,kanwil kemeng, info haji,info sumsel

Tiga jamaah Sumsel dirawat di Arab Saudi

Dokumen - Jamaah haji Indonesia yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi hingga Kamis (29/11) ANTARA FOTO

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak tiga orang jamaah haji Sumatera Selatan hingga kini masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi karena sakit sehingga mereka belum bisa pulang ke Palembang bersama kelompok terbang terakhir yang tiba Senin (24/9) malam.

Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Selasa mengatakan, setelah kepulangan jamaah kelompok terbang terakhir atau 19 pada Senin malam ternyata masih ada tiga orang jamaah yang belum bisa pulang karena sakit.

Jamaah yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi itu yakni Rusmiati Ahmad (72) asal Kabupaten Musi Banyuasin,  dia dirawat di RS An Nur Mekah, Rahma Lantang Adam (39) dari KBIH Muzdalifah di RSAS Madinah dan Untung Cokro Semito (76) asal Prabumulih di RS King Faisal Mekah.

Memang sebelum sembuh mereka tidak diizinkan pulang ke Sumsel karena kondisi fisik harus prima, sebab perjalanan menuju Tanah Air cukup lama, ujar dia.

"Mudah-mudahan jamaah tersebut cepat sembuh dan bisa kumpul bersama keluarga di Sumsel karena kehadirannya sangat diharapkan," ujarnya.

Ia menjelaskan, kedatangan jamaah kloter terakhir semalam disambut Kakanwil Kemenag yang diwakili Pelaksana Tugas Kabag TU Muhammad Ali.

Kakanwil saat menyambut kedatangan kloter 19 mengatakan,  kloter terakhir ini jumlah jamaah tercatat 136 orang ditambah petugas.

Sementara musim haji tahun ini Embarkasi Palembang memberangkatkan 8.207 jamaah dengan rincian 7.045 asal Sumsel, 1.067 asal Bangka Belitung dan 95 petugas kloter, ujar dia.

Secara umum proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun ini berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, ujar dia.

Memang, lanjut dia, ada kloter yang kedatangannya sedikit terlambat akibat kendala cuaca dan teknis di Arab Saudi.

Kakanwil berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari bidang kesehatan, penerbangan, keamanan dari TNI dan Polri, imigrasi, serta Asrama Haji Sumsel termasuk panitia embarkasi.

Begitu juga panitia daerah termasuk keluarga jamaah yang telah bekerja sama dengan baik sehingga keberangkatan dan pemulangan berjalan lancar, tambah dia. (T.U005)