Ekonomi Indonesia bisa tumbuh tujuh persen

id airlangga hartanto,MENPERIN,ekonomi indonesia,pertumbuhan ekonomi indonesia,berita sumsel,berita palembagn,berita palembang,bank indonesia

Ekonomi Indonesia bisa tumbuh tujuh persen

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan ekonomi Indonesia bisa tumbuh hingga tujuh persen apabila memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang melek teknologi.

Kalau seluruh tenaga kerja di sektor industri sudah melek teknologi, ekonomi Indonesia berpotensi meningkat 1-2 persen, sehingga target pertumbuhan bisa mencapai 7 persen pada tahun 2030, paparnya.

Hal tersebut, lanjut dia, dapat diwijudkan melalui implementasi industri 4.0 yang telah dicanangkan pemerintah.

Bahkan, tambah Airlangga, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, aspirasi besar yang akan diwujudkan adalah Indonesia masuk dalam jajaran negara 10 ekonomi terbesar di dunia tahun 2030.

Hal ini diyakini akan menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif.

Menperin menambahkan partisipasi dan produktivitas tenaga kerja industri mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun demikian, diperlukan penguasaan teknologi digital guna menghasilkan inovasi sehingga bisa berdaya saing tinggi.

Saat ini, di Indonesia, partisipasi tenaga kerja berada di tingkat 70 persen, kemudian tingkat pengangguran berada di level terendah sepanjang masa, yaitu sekitar 5,13 persen, imbuhnya.

Selain itu, tambahnya, angka kemiskinan berada pada 9,8 persen, terendah dalam dua dekade terakhir.