Harno ingin wujudkan kembali venesia dari timur

id Harnojoyo,Sungai sekanak,Venesia dari timur,Walikota palembang,Pemkot palembang

Harno ingin wujudkan kembali venesia dari timur

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengajak masyarakat melakukan gotong royong di sungai seluang kertapati, Minggu (23/9) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo akan mewujudkan julukan kota pempek ini sebagai venesia dari timur atau kota air, karena itu ia bertekad  mengembalikan fungsi sungai sebagai sarana transportasi air.

"Mengembalikan fungsi sungai sebagai sarana transportasi air seperti pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya melalui gerakan gotong royong dan restorasi area sungai," ujarnya usai melakukan gotong royong di Sungai Seluang, Minggu.

Dia menerangkan untuk mewujudkan butuh dukungan dari masyarakat. Pihaknya berharap akan adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di aliran sungai. 

Seperti dulu dimasa kejayaan Kerajaan Sriwijaya karena sungai. Kerajaan Sriwijaya terkenal sampai Afrika Selatan maka dari itu sungai jangan dijadikan tempat pembuangan sampah

"Maksud kami, kepada masyarakat kalau kita mengantar anak ke sekolah maka sampai ke sekolah. Hendaknya sampah harus diantar juga ke tempat sampah jangan sampai dibuang di tengah jalan,” imbaunya.

Lanjut Harno yang menjadi percobaan yakni sungai sekanak.  Pada 2021 akan terealisasi menjadi sarana transportasi dan rekreasi, bahkan bisa menjadi tempat berenang anak-anak. 

"Setelah sungai sekanak akan dilanjutkan dengan sungai lainnya. Kami juga sudah berkoordinasi dengan balai butuh dua tahun untuk mewujudkan sungai sebagai alat transportasi," kata Harno.