Wisatawan Malaysia terbanyak mengunjungi museum SMB II

id museum smb ii, wisatawan,wisatawan malaysia,wisman,wisnu,pariwisata,objek wisata,museum,arkeologi,artefak

Wisatawan Malaysia terbanyak mengunjungi museum SMB II

Dokumen - Naskah Kuno di museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. (ANTARA News Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wisatawan Malaysia tercatat hingga kini paling banyak mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh di Palembang, Jumat mengatakan, wisatawan Malaysia paling banyak mengunjungi Museum SMB II Palembang ini mungkin terkait adanya ikatan emosional sasama serumpun Melayu.

Sedangkan wisatawan nusantara yang banyak berkunjung adalah para pelajar, karena di sana mereka bisa belajar sejarah mengenai Kesultanan Darussalam.

"Jadi, di Museum SMB II itu para pengunjung bisa mengetahui sejarah yang menceritakan kejayaan kesultanan Darussalam," katanya.

Museum SMB II ini terletak di kawasan wisata Benteng Kuto Besak Palembang, di tepi Sungai Musi. Di dalam museum terdapat beberapa koleksi benda-benda bersejarah. Benda-benda bersejarah yang terdapat dalam museum sekitar 669 buah.

Aneka koleksi tersebut meliputi arkeologika, biologi, etnografika, seni rupa, keramologika dan numismatika.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumsel melalui pintu masuk Bandara SMB II Palembang pada Juli 2018 tercatat sebanyak 1.173 orang.

Jumlah wisatawan yang datang ke Sumsel pada Juli 2018 ini mengalami penurunan sebesar 10,53 persen dibanding Juni 2018.