Menteri Agama prihatin angka perceraian di Indonesia meningkat

id cerai,menteri agama,lukman hakim,berita sumsel,berita palembang,perceraian di indonesia,kementerian agama

Menteri Agama prihatin angka perceraian di Indonesia meningkat

Kasus perceraian (ANTARA FOTO)

Palu (ANTARA News Sumsel) - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin mengaku sangat prihatin dengan angka perceraian yang terus meningkat setiap tahunnya, karena telah terjadi pergeseran luar biasa, terkait dengan substansi dan kesakralan perkawinan yang dianut semua agama.

Menurut Menteri Lukman dihadapan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah, bahwa sebagian generasi saat ini, bahkan menganggap perceraian itu, bukan semata karena ketidakcocokan antara suami isti, tetapi karena sesuatu yang bisa direncanakan.

Karena mereka sebelum nikah, sudah saling bersepakat, antara pasangan lai-laki dan perempuan, kalau kita nikah dua tahun saja, atau tiga tahun saja, setelah itu kita cerai, ungkap Menag saat menghadiri peresmian pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan tujuh kantor urusan agama (KUA) se Sulteng di Palu, Senin.

Menag menjelaskan, telah terjadi pergeseran nilai, dimana semakin banyak angka kawin-cerai, semakin berubah status sosial dilingkungan kita. Telah terjadi degradasi atau penurunan pemaknaan akan pernikahan itu.

Semua agama meyakini, bahwa pernikahan itu adalah peristiwa sakral, tidak hanya perjanjian antara kita sesama umat manusia yang berbeda jenis kelamin, tetapi perjanjian yang disaksikan atas nama tuhan. Dan semua agama sangat memuliakan pernikahan, jelas Menteri Lukman.

Kemudian kata Menag, hampir semua orang tidak mendapatkan pendidikan yang terstruktur, sistematis dan terencana, bagaimana cara menjadi orang tua yang baik itu serta seperti apa hubungan relasi suami istri yang harus dilakukan.

Itulah kenapa sejak dua tahun lalu, kita serius membenahi pendidikan pra nikah, dan kita sudah mengeluarkan tiga modul dan akan terus kembangkan, kata Menteri.

Menag menegaskan pendidikan bagi orang tua jauh lebih penting, karena hanya dengan orang tua yang baik saja, akan melahirkan anak-anak yang berkualitas.

Padahal kata menteri, selama ini banyak masyarakat tidak mendapatkan pendidikan sebagai orang tua, karena menjadi orang tua itu sangat susah.

Sebelum generasi muda kita menjadi ayah dan ibu nantinya, mereka harus diberikan wawasan yang baik, agar angka perceraian dan kekerasana rumah tangga tidak semakin meningkat, jelas Menteri Lukman.