Rupiah melemah menjadi Rp14.843

id rupiah,mata uang indonesia,berita palembang,berita antara,nilai tukar rupiah,kurs rupiah

Rupiah melemah menjadi Rp14.843

Pegawai menghitung rupiah. (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Senin pagi bergerak melemah sebesar 35 poin menjadi Rp14.843 dibandingkan sebelumnya Rp14.808 per dolar AS.

"Data ekonomi Amerika Serikat yang positif menopang dolar AS cenderung menguat terhadap beberapa mata uang kuat utama dunia, termasuk rupiah," kata Ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail di Jakarta.

Ia mengemukakan data penjualan ritel AS pada Agustus 2018 sebesar 6,6 persen, lebih tinggi dibandingkan estimasi analis 4,8 persen.

Industrial production index (IPI) AS pada periode itu sebesar 4,9 persen juga lebih tinggi dibanding estimasi analis, yakni 3,6 persen.

"Kuatnya kedua data itu menjadi indikasi awal kuatnya pertumbuhan konsumsi Amerika Serikat di triwulan ketiga 2018," katanya.

Sementara itu, sentimen dari dalam negeri, Ahmad Mikail mengatakan, pelaku pasar akan mencermati data Neraca perdagangan Indonesia pada Agustus yang sedianya akan rilis pada hari ini (17/9).

"Diperkirakan kembali defisit, namun dengan defisit yang lebih kecil. Konsensus analis memperkirakan data neraca perdagangan akan defisit sebesar 450 juta dolar AS, atau lebih rendah dibandingkan defisit Juli," katanya.

Menurut dia, neraca perdagangan yang masih defisit itu dapat menambah sentimen negatif bagi rupiah di tengah penguatan dolar AS terhadap mata uang dunia.