Tingkatkan kesejahteraan, Bupati Musi Rawas minta masyarakat berinovasi

id Bupati musi rawas,Hendra gunawan,Dana desa,Inovatif,Kesejahteraan rakyat

Tingkatkan kesejahteraan, Bupati Musi Rawas minta masyarakat berinovasi

Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan dan pihak kementerian PDT saat akan memukul gong tanda dimulainya Bursa Inovasi Desa, Jumat (14/9) (ANTARA News Sumsel/Marjamin/Erwin Matondang/18)

Musi Rawas (ANTARA News Sumsel) - Bupati Musi Rawas Sumatera Selatan mengajakmasyarakat di 186 desa berinovasi guna meningkatkan kesejahteraan.

"Dengan Bursa Inovasi Desa (BID) ini saya berharap agar masyarakat berlomba untuk berinovasi supaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan di Muara Beliti, Jumat (14/09).

Bupati juga mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada kementerian yang terus memberikan bantuan bagi kemajuan Musi Rawas.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi dan pusat yang terus membantu dan mensuport daerah Musi Rawas untuk lebih maju lagi," kata dia.

Melalui BID ini ia berharap dapat saling bertukar informasi dan mengambil apa yang bisa dikembangkan untuk diterapkan di desa dalam memajukan daerah Musi Rawas.

"Saya harap dengan sosialisasi inovasi desa ini peserta dapat mengambil apa yang bisa dikembangkan di desa masing- masing, sehingga nantinya dapat bersaing degan daerah lain, bila perlu hingga tingkat nasional," jelas Bupati.
 
Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan saat acara Inovasi Desa, Jumat (14/9) (ANTARA News Sumsel/Marjamin/Erwin Matondang/18)


Sementara itu Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mura, Mefta Jhoni mengatakan, kegiatan BID ini sendiri dilakukan untuk memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif serta sebagai bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi guna mendorong peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan ini diikuti 665 orang yang terdiri kades, ketua BPD, tokoh masyarakat dan tim program inovasi di 14 kecamatan sebanyak 98 orang," jelas Mefta.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam dua tahun terakhir di Musi Rawas telah banyak muncul inovasi-inovasi desa. Bahkan, pelajar SMP di salah satu desa Kecamatan Tugumulyo membuat pesawat dari barang bekas untuk pengusir burung.

"Dalam TTG tingkat provinsi lalu kami juara pertama dengan inovasi membuat pesawat dari barang bekas untuk mengusir hama butung di sawah. Bahkan, dibidang infrastruktur juga telah dilaksanakan inovasi yang muncul dan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan serta menambah penghasilan ibu rumah tangga," terang dia

"Melalui BID ini maka dapat mengoptimalkan peran pelaku program yang telah ada dalam proses program inovasi desa," tutup dia.

Terpisah KN-PID Kementrian Desa PDT, Riza Surya Kusuma mengapresiasi adanya kegiatan BID di Mura.

Pihaknya berterima kasih dengan Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan yang telah responsif dan membantu menjadikan Sumsel terdepan dalam melaksanakan kegiatan ini secara nasional.

"Kementerian Desa mendorong pemanfaatan dana desa agar lebih sesuai profesional," tutur Riza.

Menurutnya, BID merupakan sarana pertukaran informasi dan khususnya kegiatan inovasi-inovasi praktis dan bisa ditiru serta disesuaikan kondisinya agar dapat lebih inovatif di masing-masing desa. Apalagi, selama ini pemanfaatan dana desa cenderung lebih pada fisik dan di Sumsel mencapai 91 persen, tingkat kabupaten 95-97 persen dan tingkat nasional 83 persen.

"Agar tidak ada kesenjangan pada infrastruktur saja, maka kami menawarkan pengembangan lainnya seperti sumber daya manusia dan ekonomi. Kades dapat mengambil intisari yang sesuai dan diterapkan di desa. Bahkan, tindak lanjut setelah ini ada kartu ide dan komitmen dari Kades agar dapat direfleksikan dalam RKP serta dimasukkan dalam APBDes. Sebab, kami yakin dengan potensi yang ada di Mura maka akan terlaksana sesuai dengan yang diharapkan," tutup dia.