Pemkab Muba bekali petani kendalikan hama

id petani,hama,pengendalian hama,pertanian,bekali petani,pemkab muba

Pemkab Muba bekali petani kendalikan hama

Dokumen - Tanaman padi mati diserang hama wereng coklat, (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Erwin Matondang/18)

Musi Banyuasin, Sumsel, 14/9 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membekali petani dengan pengetahuan pengendalian serangan hama atau organisme pengganggu tanaman.

Untuk membekali petani dengan pengetahuan tersebut dilakukan pelatihan pengendalian serangan hama dan rutin menggelar Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT), kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Jumat.

Menurut dia, pihaknya berkomitmen membantu petani seperti petani karet mengendalikan dan mengurangi serangan hama sehingga produksi kebun mereka tidak mengalami penyusutan yang dapat berakibat menurunkan pendapatan mereka.

Selain membekali dengan pengetahuan pengendalian hama, untuk membantu mengendalikan dan mengurangi hama pada pohon karet, pihaknya juga memberikan hibah berupa jamur Trichoderma dan cangkul kepada petani setempat.

Bantuan hibah tersebut diberikan secara bertahap kepada pemilik kebun karet yang sering menghadapi masalah serangan organisme pengganggu tanaman.

Trichoderma merupakan salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida, yang sengaja dibiakkan ke dalam media seperti kompos, sekam dan tanah untuk mengurangi serangan hama seperti jamur akar putih (JAP).

"Kami terus berupaya melakukan sosialisasi kepada petani mengenai cara pengendalian hama JAP, dan memberikan bantuan Trichoderma yang dinilai efektif untuk mencegah penyakit busuk pangkal batang, busuk akar yang menyebabkan tanaman layu, dan penyakit jamur akar putih," ujarnya.

Melalui upaya tersebut diharapkan masalah serangan hama atau organisme pengganggu tanaman dapat diatasi dengan baik sehingga kualitas kebun karet petani di Bumi Serasan Sekate ini semakin baik.

Dengan semakin baiknya kualitas kebun petani di daerah ini dapat meningkatkan produksi getah karet yang secara umum dapat menambah penghasilan petani atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, ujar Wabup.