Kwarda Sumsel kirim dua regu ke Sulawesi Tengah

id Pramuka,Kwarda,Kemah budaya nasional,Gerakan pramuka,Sumsel,Pemprov sumsel

Asisten III Pemprov Sumsel Bidang Administrasi dan Umum Edward Juliarta didampingi Sekretaris Kwarda Sumsel Amriadi saat melepas kontingen Kwarda Sumsel di Auditorium Pemprov, Jumat (14/9). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Selatan mengirimkan 2 regu penggalang ke Sulawesi Tengah untuk mengikuti Kemah Budaya Nasional Tahun 16-22 September 2018.

"Kwarda Sumsel tahun ini menunjuk Gugus Depan yang berpangkalan di MTsN 2 Palembang mewakili Sumsel, dengan dua regu terdiri dari 9 putra, 8 putri, dan 3 pendamping, Kemah Budaya tahun ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kayuburah Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah," kata Sekretaris Kwarda Sumsel Amriadi saat pelepasan.

Menurutnya Kemah Budaya Nasional (KBN) 2018 merupakan program Kemendikbud, rencananya akan diikuti 2.000 peserta usia penggalang dari seluruh Indonesia dengan garis besar kegiatan berupa perkenalan masing-masing budaya daerah serta kompetisi ketangkasan pramuka.

Dia menjelaskan kontingen MTsN 20 Palembang sudah mempersiapkan satu tarian kreasi baru yang akan ditampilkan pada kegiatan tersebut yakni tarian Legenda Pulau Kemaro untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut kepada peserta KBN 2018 dan berharap kontingen Sumsel menjadi yang terbaik pada kegiatan tersebut.

Sementara Asisten III Pemprov Sumsel Bidang Administrasi dan Umum Edward Juliarta mengatakan Kemah Budaya merupakan kesempatan emas bagi peserta untuk menambah jaringan teman sekaligus silaturahmi dengan anggota pramuka seluruh Indonesia.

"Selama disana galilah pengalaman dengan visi sendiri, jangan mengadopsi pengalaman orang lain, pengalaman yang baik dan utuh adalah yang kakak-kakak alami sendiri," ujar Edward saat melepas kontingen Kwarda Sumsel di Auditorium Pemprov, Jumat.

Ia menambahkan konsep learning by doing dalam pramuka telah diakui luas efektif melatih softskill, karakter, cara berinteraksi dan kepercayaan diri tiap anggotanya, kegiatan-kegiatan yang ada pada dasarnya sebagai sarana untuk mengimplementasikannya.
 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar