Ketua Umum Kowani: Tak ada kekuatan emak-emak

id kowani,kongres kowani,icw,the power of emak-emak,sidang umum icw

Ketua Umum Kowani: Tak ada kekuatan emak-emak

Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) bersama istri Gubernur DIY GKR Hemas (tengah) dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyono (kiri) berjalan saat pembukaan Sidang Umum International Council of Woman (ICW) ke-35 di Yogyakarta, Kamis (13/9). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww/18.)

....Ibu bangsa sejati, bukan emak-emak....
Yogyakarta (ANTARA News Sumsel) - Ketua Umum Kowani (Kongres Wanita Indonesia) Giwo Rubianto Wiyogo menolak adanya kekuatan emak-emak (the power of emak-emak).

"Sorry, tak ada 'the power of emak-emak', yang ada 'the power of Ibu Bangsa'," kata Giwo saat menyampaikan laporan pada upacara pembukaan resmi Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW) dan "the power of emak-emak" akhir-akhir ini menjadi popular karena sering disebut-sebut untuk menunjukkan pada pasangan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno, di Yogyakarta, Jumat.

Pada acara Sidang Tahunan MPR tanggal 16 Agustus lalu bahkan Ketua MPR, Zulkifli Hasan juga menyebut "emak-emak".

"The power of emak-emak" juga merupakan judul sinetron di sebuah stasiun televisi dengan bintang antara lain Della Puspita, Oka Sugawa, dan Risma Nilawati.

Giwo menegaskan, bahwa yang ada adalah "the power of mother" atau kekuatan ibu.

"Ibu bangsa sejati, bukan emak-emak," katanya.

Pada akhir sambutannya, Giwo mendoakan Presiden Joko Widodo dapat melangsungkan tugasnya kembali untuk masa-masa mendatang.

Rangkaian acara itu telah didahului dengan Pertemuan Dewan Direktur ICW pada 11-12 September 2018, Pembukaan Sidang Umum ke-35 ICW pada 13 September 2018, Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia pada 13-14 September 2018, Upacara Pembukaan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 September 2018, pelaksanaan sidang-sidang dalam Sidang Umum ke-35 pada 14-18 September 2018, berkunjung ke Balai Ekonomi Desa pada 18-19 September 2018 di sekitar kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dan Pertemuan Dewan Direktur Baru ICW pada 20 September 2018.

Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diselenggarakan oleh ICW dan Kowani serta didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN yang berpartisipasi langsung.

Hadir pada acara bersama Kepala Negara itu Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X  beserta istri GKR Hemas, Presiden ICW Jungsook Kim beserta delegasi ICW dari 19 negara, direksi BUMN, dan ribuan perempuan dari seluruh Tanah Air.(B009)