Dinkes prioritas pelayanan kesehatan ibu hamil

id ibu hamil,gizi ibu hamil,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Dinas Kesehatan Sumatera Selatan

Dinkes prioritas pelayanan kesehatan ibu hamil

Pemeriksaan Ibu hamil. (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan akan memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil dan balita di daerah tersebut.

"Pelayanan kesehatan yang utama itu karena ibu hamil termasuk balita sebagai generasi penerus bangsa," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Ferry Fahrizal di Palembang, Jumat.

Ia menjelaskan pelayanan kesehatan itu sesuai standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan, antara lain setiap ibu hamil, ibu bersalin, bayi, dan balita mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar.

Ia menjelaskan melalui perawatan dan pelayanan kesehatan yang sesuai standar dimulai sejak prahamil, hamil, dan nifas maka akan dapat mencegah kematian ibu dan neonatal.

Sehubungan dengan hal itu, pihaknya beberapa waktu lalu melakukan rapat koordinasi dalam meningkatakan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil dan balita.

Dia mengharapkan melalui rapat koordinasi itu terbangun kesamaan persepsi dan pemahaman dari organisasi profesi maupun semua pihak mengenai pentingnya peran berbagai pihak terkait dalam penanganan masalah kematian ibu dan bayi, serta penanggulangan kekerdilan.

Kematian ibu dan bayi, kata dia, disebabkan multifaktor yang merupakan hasil interaksi berbagai aspek, baik klinismaupun nonkesehatan lainnya.

Dia mengatakan pelayanan secara optimal tersebut memang penting, terutama untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi dalam masyarakat. Dia mengharapkan dengan pelayanan kesehatan yang baik, sumber daya manusia generasi penerus akan makin berkualitas.

Rapat koordinasi dihadiri peserta dari 17 kabupaten dan kota, antara lain kepala bidang, kepala seksi kesehatan, Ketua PC IBI, Direktur RSUD, dan unsur terkait lainnya.