Wabup Muratara minta desa berinovasi

id Desa,Inovasi,Pembangunan desa,Muratara

Wabup Muratara minta desa berinovasi

Logo Pemkab Musirawas Utara (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Musi Rawas Utara (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan menegaskan setiap desa di daerah tersebut harus berinovasi dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan desa.

"Pemerintah desa beserta perangkatnya harus terus berkreasi dan berinovasi dalam membangun desanya," kata Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), Devi Suhartoni saat diwawancarai usai acara Bursa Inovasi Desa di Muara Rupit, Kamis.

Dia mengatakan apabila setiap desa memiliki satu inovasi yang benar-benar unggulan dan inovasi desa tersebut berjalan dengan baik, tentu akan berdampak positif terhadap perkembangan desa.

"Kalau desa maju maka kabupaten akan maju, kalau kabupaten maju Indonesia akan maju, sesuai Nawacita bapak Presiden membangun Indonesia dari desa, jadi silakan seluruh desa bergerak dengan inovasinya masing-masing," katanya.

Pemerintah desa juga diharapkan mampu memperbaiki lingkungan desa dan meningkatkan keamanan desa, sehingga tidak ada lagi desa yang kumuh dan sering terjadi kemalingan.

"Kepala Desa juga harus berhati-hati, sekarang administrasi dan pelaksanaan dana desa sangat ketat, jangan sampai ada yang tersandung hukum, kalau tidak mengerti bisa berkonsultasi dengan OPD terkait," ujarnya.

Dia menambahkan, program inovasi desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia yang bertujuan untuk mendorong efektivitas pengelolaan dan pemanfaatan dana desa agar lebih berkualitas lagi.

Melalui program tersebut diharapkan akan muncul kegiatan desa yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal secara maksimal demi mensejahterakan masyarakat desa.

"Visi dan misi kami adalah mewujudkan masyarakat Muratara yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat, kami punya tagline Muratara Bangkit, bangkit itu mulai dari tidur, duduk, berdiri dan berlari mengejar ketertinggalan," katanya.