Korsel minat selenggarakan Olimpiade 2032 bersama Korut

id korsel,korut,olimpiade,olimpiade 2032,semenanjung korea

Korsel minat selenggarakan Olimpiade 2032 bersama Korut

International Olympic Committee (IOC). (Antarasumsel.com/Reuters)

Seoul  (ANTARA News Sumsel) - Korea Selatan (Korsel) akan menggandeng Korea Utara (Korut) untuk mengajukan pencalonan bersama sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Korsel  juga mengajukan ide agar negara-negara Timur Laut Asia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030, kata Menteri Olahraga Korsel Do Jong Hwan, Rabu.

Yonhap News melaporkan bahwa Do mengeluarkan komentar-komentar itu kepada media di Tokyo, di mana ia melakukan pertemuan dengan menteri olahraga Jepang dan China.

Do mengatakan menyelenggarakan Olimpiade akan meneruskan kesuksesan Olimpiade musim dingin tahun ini di Pyeongchang, di mana partisipasi Korut membantu meredakan ketegangan di semenanjung Korea.

"Itu merupakan proposal untuk menjadi tuan rumah berbagai ajang di Seoul dan Pyongyang," kata Do.

"Olimpiade musim dingin Pyeongchang memperlihatkan nilai-nilai Olimpiade dengan sangat baik," ucapnya. "Saya berharap kedamaian di Timur Laut Asia dapat berlanjut melalui olahraga."

Kawasan ini menjadi tempat yang aman untuk menyelenggarakan ajang-ajang internasional, di mana Tokyo (Olimpiade Musim Panas 2020) dan Beijing (Olimpiade Musim Dingin 2022), menyusul Pyeongchang sebagai tuan rumah Olimpiade selanjutnya. Seoul juga menjamu Olimpiade musim panas pada 1988.

Korsel dan Jepang bekerja sama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 dan keduanya secara terpisah telah mengajukan diri untuk kembali menyelenggarakan ajang akbar itu Namun dengan China berupaya untuk menjadi tuan rumah turnamen 2030, Do ingin membicarakan pencalonan regional.

"Kami mendengar bahwa China akan melakukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia," ucapnya. "Namun kami ingin membuat proposal untuk menyelenggarakan ajang secara bersama dengan tetangga-tetangga Asia seperti Korea Utara, China, dan Jepang."

"Dengan cara ini, kami dapat memelihara atmosfer kedamaian saat ini dan dapat menghubungkan kedamaian Timur Laut Asia dengan kedamaian di Semenanjung Korea."

Di lain pihak, trio Amerika Selatan yang melibatkan Argentina, Uruguay, dan Paraguay juga telah mengumumkan untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, sedangkan Maroko juga ingin mengajukan penawaran.

FA telah mengatakan bahwa pihaknya masih membuka kemungkinan untuk mengajukan pencalonan diri sebagai tuan rumah turnamen, meski dukungan yang menguat mengarah pada  "home nation" yakni Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia."