Dinkes Sumsel maksimalkan SBH dalam sosialisasi Germas

id Gemas,gerakan masyarakat hidup sehat,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Saka Bakti Husada,dinas kesehatan

Dinkes Sumsel maksimalkan SBH dalam sosialisasi Germas

Gerakan Masyarakat Sehat (Gemas) di Puskesmas . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Dinkes Sumsel) memaksimalkan Saka Bakti Husada (SBH) dalam mensosialisasikan program gerakan masyarakat (Gemas) hidup sehat supaya sumber daya manusia di daerah ini semakin berkualitas.

Pihaknya terus mensosialisasikan program gerakan masyarakat hidup sehat melalui satuan karya Pramuka Bakti Husada atau Saka Bakti Husada (SBH), kata Kepala Dinkes Sumsel, Listy Nuraini di Palembang, Rabu.

Menurut dia, dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Karya Pramuka Bakti Husada lalu pihaknya melaksanakan berbagai lomba bidang kesehatan melalui SBH.

Tujuan lomba itu tidak lain untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat kepada seluruh anggota dan masyarakat , ujar dia.

Memang, lanjut dia dibentuknya SBH untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

Oleh karena itu, diharapkan SBH dapat berperan penting dalam mendukung program prioritas nasional bidang kesehatan yaitu eliminasi TBC, Penurunan Stunting, dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi di Sumsel.

Menurut dia, memang SBH diperuntukkan bagi para pramuka penegak dan pandega atau para pemuda usia antara 16 - 25 tahun dengan syarat khusus yang mana setiap satuan karya atau saka memiliki beberapa krida .

Yang jelas, SBH merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan ketrampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Apalagi kesehatan merupakan hak fundamental setiap manusia karena itu menjadi tanggungjawab semua pihak agar hak tersebut dapat diperoleh semua rakyat, tanpa terkecuali.

Oleh karena itu pihaknya minta agar semua pihak untuk melakukan pola hidup sehat yang dimulai dari sendiri, ujar dia.

Hal ini karena pola hidup sehat penting supaya sumber daya manusia yang ada semakin berkualitas, tambah dia.