Charles Lecler gantikan Raikkonen di Ferrari pada 2019

id Charles Leclerc,balap mobil,pebalap mobil,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Raikkonen, @sauberf1team!,twitter ferrari

Charles Leclerc. (ANTARA/REUTERS)

London (Antara/Reuters) - Pebalap "rookie" berusia 20 tahun asal Monaco Charles Leclerc akan menggantikan veteran Formula 1 Kimi Raikkonen di Ferrari pada musim depan pada pertukaran dengan juara dunia 2007 asal Finlandia itu, yang pindah ke Sauber.

Langkah ini telah diprediksi banyak pihak dan diumumkan kedua tim pada Selasa.

Leclerc, anak didik Ferrari yang telah lama digadang-gadang untuk promosi ke tim tertua dan paling sukses di balapan ini, melakukan debutnya dengan Sauber musim lalu setelah memenangi gelar Formula Two.

Ia kini akan bermitra dengan juara dunia empat kali sekaligus kandidat juara Sebastian Vettel.

"Scuderia Ferrari mengumumkan bahwa, pada akhir musim 2018, Kimi Raikkonen akan mengundurkan diri dari perannya saat ini," kata Ferrari.

"Sebagai juara dunia untuk Scuderia Ferrari, ia akan selalu menjadi bagian dari sejarah dan keluarga tim. Kami berterima kasih kepada Kimi untuk semua ini dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan ia dan keluarganya." Ferrari merupakan tim paling glamor di Formula 1 dan Leclerc akan menjadi salah satu pebalap termuda yang membalap untuk mereka.

Raikkonen (38) menulis pesan di Instagram yang mengumumkan bahwa ia akan kembali bergabung dengan Sauber -- tim dengan mesin Ferrari dan disponsori Alfa Romeo -- dengan ikatan kontrak dua tahun.

Pebalap Finlandia itu pertama kali membalap untuk mereka pada 2001, sebelum pindah ke McLaren dan kemudian ke Ferrari, di mana ia memenangi gelar yang tetap merupakan gelar terkini yang diraih tim tersebut.

"Tebak siapa yang kembali? Dua tahun mendatang dengan @sauberf1team! Rasanya sangat menyenangkan untuk kembali ke tempat di mana semua dimulai," tulisnya kepada 974.000 pengikutnya (follower).

Pilar penting Sauber mengatakan bahwa langkah ini, yang membuat juara dunia tiga kali tetap berada di grid start musim depan setelah pebalap Spanyol Fernando Alonso pensiun dari olahraga ini, mewakili "pilar penting di proyek kami." "Bakat tidak terbantahkan Kimi dan pengalaman luasnya di Formula 1 bukan hanya akan berkontribusi terhadap pengembangan mobil kami, namun juga akan mengakselerasi pertumbuhan dan pengembangan tim kami secara keseluruhan," kata ketua tim Frederic Vasseur.

Sauber menghuni peringkat kesembilan dari sepuluh tim menjelang Grand Prix Singapura pada Minggu, suatu kemajuan dari tahun lalu ketika mereka kerap berada di posisi buncit.

Raikkonen, yang populer dengan julukan "Iceman," akan berusia 39 tahun pada bulan depan dan merupakan pebalap tertua di grid serta salah satu yang paling populer.

Lebih dari 87.000 penggemar menandatangani petisi dalam jaringan (online), yang tidak ada artinya di situasi ini, untuk mendesak Ferrari mempertahankannya.

Vettel juga akan senang terus bermitra dengan rekan setim yang telah mengenalnya dengan baik, dan dapat ditaklukkan dalam basis reguler, namun bukan ia yang membuat keputusan.

Mendiang ketua Ferrari Sergio Marchione telah menggadang-gadang Leclerc sebagai suksesor nyata Raikkonen.

Pebalap muda itu akan menjadi pebalap pribumi pertama dari kerajaan Mediterania itu, yang merupakan tuan rumah untuk balapan glamor ini, yang membalap untuk Ferrari.

Dimanajeri Nicolas Todt, yang ayahnya Jean merupakan kepala federasi otomotif FIA dan mantan petinggi Ferrari, Leclerc siap untuk menjadi juara di masa yang akan datang.

"Menurut saya, sensasi ini telah terjustifikasi," kata Vettel kepada para pewarta pada Mei. "Jika tidak ada sensasi di sekitar dia, maka saya tidak paham siapa yang semestinya menjadi sensasi karena Anda berjalan melewati seluruh kategori seperti itu, kemudian Anda berada di sana."
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar