Indonesia-Korea Selatan tanda tangani enam nota kesepahaman

id kerjasama indonesia-korsel,mou indonesia-korsel,jokowi,presiden jokowi,kunjungan presiden k korsel,kerjasama ekonomi,industri,revolusi industri 4.0

Indonesia-Korea Selatan tanda tangani enam nota kesepahaman

Presiden Joko Widodo saat menerima Chairman CJ Group Lee Jae-hyun di sela kunjungan kenegaraan di Korea Selatan, Senin (10/9/2018) (ANTARA/Joko Susilo)

Seoul (ANTARA News Sumsel) - Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyaksikan enam penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dan Korsel di "Blue House" Seoul, Senin.

Penadantanganan pertama dilakukan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Kehakiman Korea Selatan tentang kerja sama keimigrasian.

Kedua penandatanganan kerja sama perekonomian yang dilakukan Retno Marsudi dengan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan Paik Ungyu.

Ketiga kerja sama di bidang administrasi yang ditandatangani Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Safruddin dan Menteri kepegawaian Korea Kim Pan Suk.

Selanjutnya penadatangan nota kesepahaman tentang bidang legislasi yang dilakukan oleh Sekreatris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Legislasi Pemerintahan Korea Selatan kim Oe-sook.

Retno kembali menandatangani kerja sama keamanan laut dengan pihak Korea Selatan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Kepala Dewan Penelitian Ekonomi Korea menadatangani kerja sama peta jalan revolusi industri 4.0. (J008)