Dua mahasiswa Unsri capai puncak gunung Elbrus Rusia

id mahasiswa unsri,mafesripala ,gunung elbrus,puncak elbrus rusia,pendaki gunung,fakultas ekonomi unsri,unsri,mafesripala

Dua mahasiswa Unsri capai puncak gunung Elbrus Rusia

Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara mencapai puncak gunung Elbrus Rusia pada 6 September 2018 (Dok Tim Mafesripala)

....Ini semua berkat usaha, semangat tim dan panitia yang diiringi doa dari seluruh anggota Mafesripala, keluarga dan seluruh pihak....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dua oang mahasiswa yakni Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara.yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Pecinta Alam atau dikenal dengan tim 'Mafesripala' berhasil mencapai puncak gunung Elbrus Rusia, salah satu gunung tertinggi di dunia (5.642 meter)  di atas permukaan laut (dpl) pada 6 September 2018 pukul 11.15 waktu setempat atau pukul 15.15 WIB . 

Pendakian gunung Elbrus ini merupakan misi ketiga dari tujuh target pendakian gunung tertinggi di dunia (baca: seven summits). Dua gunung  sebelumnya Carstensz Pyramid Jaya Wijaya, Papua telah dilakukan pada April 2017 dan Kilimanjaro, Afrika pada Mei 2018.

"Ini semua berkat usaha, semangat tim dan panitia yang diiringi doa dari seluruh anggota Mafesripala, keluarga dan seluruh pihak yang membantu kami dalam Ekspedisi ini," ungkap salah satu pendaki Muhammad Razag melalui pesan singkat, Sabtu (8/9).

Mahasiswa ekonomi Universitas Sriwijaya ini juga menjelaskan proses pendakian mereka hingga ke puncak. Mereka berangkat dari Palembang pada 30 Agustus lalu dan memulai pendakian pada Kamis, 6 September. 

Keduanya memulai persiapan "summit attack" pukul 02.00 dini hari waktu Rusia. Kemudian pada pukul 04.00 waktu setempat  tim memulai melakukan perjalanan menuju 'Leuprush' dan naik menggunakan 'snowcat'. 

Tim sampai di lintasan 'fix rope' hingga pada shudle dan beristirahat. Kemudian pada pukul 09.00  cuaca menjadi sulit karena kondisi angin sangat kencang dan tim memutuskan untuk menghentikan perjalanan sementara hingga cuaca kondusif.
 
Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara mencapai puncak gunung Elbrus Rusia pada 6 September 2018 (Dok Tim Mafesripala)

Setelah reda  tim akhirnya melanjutkan perjalanan di lintasan hingga sampai  pada puncak Elbrus, tepat pada pukul 11.15 waktu Rusia.

Menanggapi keberhasilan tim Mafesripala Unsri,  Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unsri Agung Firman Sampurna mengatakan dirinya sangat bangga atas keberhasilan Mafesripala di puncak ketiga dari seven summit. 

"Ini membanggakan, karena mereka membawa nama besar kampus Unsri dan semoga ke depan keberhasilan ini bisa membawa nilai-nilai positif semua mahasiswa," ujar dia.

Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara  sebelum berangkat sebelumnya menjalani serangkaian tes dan pelatihan terpadu di kawasan kampus Universitas Sriwijaya.

Keduanya berhasil melewati tes yang komprehensif mengenai kemampuan dasar bertahan hidup dan pengetahuan pendakian di gunung es agar bisa menjalani misi tersebut dengan maksimal. 

Tim Mafesripala juga berkonsultasi dengan beberapa 'sumitter' (pendaki tujuh puncak dunia) asal Indonesia dalam tahapan proses ini.