Mahfud: Bencara gempa Lombok momentum persatukan Indonesia

id gempa lombok,Mahfud MD,persatuan indonesia,berita sumsel,berita palembang,Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi,satu indonesia

Mahfud: Bencara gempa Lombok momentum persatukan Indonesia

Pengendara sepeda motor melintas dekat rumah yang roboh pascagempa di Desa Bentek, Kecamatan Pemenang,Tanjung, Lombok Utara, NTB. (ANTARA /Ahmad Subaidi)

Lombok Utara (ANTARA News Sumsel) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok diharapkan menjadi momentum untuk menyatukan bangsa.

Hal itu dikatakan Mahfud MD usai mengunjungi secara langsung korban gempa bumi dan aktifitas belajar mengajar siswa di sekolah darurat, Dusun Cupak, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Sabtu.

"Kita punya dua momentum yang menunjukkan kita sebagai bangsa memiliki ikatan batin yang kuat. Yaitu Asian Games dan bencana gempa bumi di Lombok," kata Mahfud.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu menyatakan penyatuan yang dimaksud adalah karena kedua momentum itu sama-sama mempersatukan warga Indonesia yang mungkin selama ini terpisah karena urusan politik dan perbedaan.

Di Asian Games, kata Mahfud, warga Indonesia bersatu dan mendukung Indonesia. Kemudian di bencana Lombok, seluruh warga Indonesia juga bersatu untuk memberikan bantuan.

"Orang seluruh Indonesia datang ke sini untuk membantu. Artinya kita tetap merasa bersaudara sebagai anak bangsa. Rasa kemanusiaan kita menjadi tumbuh dengan baik akibat dua momentum ini," tandas Mahfud MD.