Satlantas ajak mahasiswa taat berlalulintas

id Satlantas,Linggau,Mahasiswa,Tertib berlalulintas,Kecelakaan

Satlantas ajak mahasiswa taat berlalulintas

Arsip-Sejumlah petugas Satuan Lalu lintas (Satlantas) melakukan razia pemeriksaan kendaraan bermotor (ANTARA).

Lubuklinggau (ANTARA News Sumsel - Satuan Lalulintas Polres Lubuklinggau, mengajak mahasiswa untuk taat akan berlalulintas, sebab selama lima tahun terakhir angka kecelakaan di Kota Lubuklinggau sebanyak 506 kejadian lakalantas.

"Lakalantas terjadi akibat perbuatan pelanggar, kebanyakan kasus lakalantas yang meninggal dunia didominasi usia 18 sampai dengan 32 tahun," kata Kasat Lantas AKP Feby Febriana saat memberika materi kepada mahasiswa, Jumat (7/9).

Dikatakannya, kondisi anak muda yang masih mudah terpancing emosinya untuk ugal-ugalan dalam berkendara dan hal tersebut dapat membahayakan orang lain yang berakibat lakalantas.

Lakalantas didominasi pengendara sepeda motor, karena sepeda motor merupakan alat transportasi yang gampang, hemat dan juga efisien

Dijelaskannya, dari data satlantas selama lima tahun terakhir tercatat kasus lakalantas sebanyak 506 kejadian.

"Total korban meninggal 143 orang dan yang mengalami luka-luka ringan dan berat sekitar ratusan orang," jelasnya.

Kecelakaan akibat kelalaian pengemudi alias human eror, sebab itu ia mengajak seluruh mahasiswa sadar bahwa tertib berlalulintas itu sangat penting.

Sebab itu sudah seharunya pengendara lalu lintas harus mempunyai SIM, kendaraan harus dilengkapi dengan STNK dan TNKB.

"Pengemudi harus konsentrasi mengemudi, dan tidak boleh menggunakan telepon genggam saat berkendara dan menggunakan helm Standar Nasional Indonesia," ujarnya.