Penyidikan Munir dilanjutkan jika ada fakta baru

id Munir Said Thalib,pembunuhan munir,aktifis ham,Komjen Arief Sulistyanto,Kabareskrim Polri,berita sumsel,berita palembang,proses penyidikan munir

Penyidikan Munir dilanjutkan jika ada fakta baru

Istri almarhum Munir, Suciwati (kedua kanan) didampingi sejumlah pegiat HAM memberikan keterangan terkait 14 tahun terbunuhnya Munir di Jakarta, Jumat (7/9). Suciwati dan sejumlah pegiat HAM mendesak presiden dan kapolri untuk segera mengungkap konspirasi pembunuhan tokoh HAM itu. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/18. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan kasus pembunuhan pegiat hak asasi manusia Munir Said Thalib 14 tahun lalu dapat dilanjutkan apabila terdapat fakta baru.

"Apabila ditemukan fakta baru, maka Polri pasti akan melakukan, melanjutkan penyidikan itu," kata dia di Jakarta, Jumat.

Arief menyebut dalam kasus Munir yang terjadi pada 2004, Polri sudah melakukan langkah yang cukup signifikan dalam proses penyidikan itu.

Dalam proses penyidikan sejak 2004, Polri memberkas perkara sebanyak empat berkas dengan empat tersangka yang disebutnya semuanya sudah menjalani hukuman dan sudah selesai, yakni Pollycarpus Budihari Priyanto.

Arief pada 2004 menjadi salah satu tim penyidik kasus Munir, menilai pembuktian menjadi suatu hal yang rumit.

Arief menekankan dalam proses penyidikan tidak terdapat buka dan tutup, yang ada adalah memulai dan menyelesaikan.

Memulai ketika Polri mengirimkan surat perintah pemberitahuan dimulainya penyidikan pada jaksa penuntut umum, kemudian ketika sudah selesai dan dinyatakan P21 maka perkara dianggap sudah selesai.

"Memang ini mekanismenya sehingga tidak ada istilah kapan dibuka. Kami tidak pernah menutup. Jadi kasus ini ada kemungkinan masih berjalan kalau ditemukan bukti. Ditemukan fakta hukum baru untuk pengembangan kasusnya," tutur Kabareskrim.

Dikatakannya, Polri kini sedang mencari fakta baru karena tidak pernah ada penutupan perkara dan masih terus berkembang.