Gerakan sadar halal perlu terus disosialisasikan

id halal,Kakanwil Kementerian Agama sumsel,HM Alfajri Zabidi,kualitas sumber daya manusia,Saefudin Latief,makanan halal,berita sumsel,berita palembang

Gerakan sadar halal perlu terus disosialisasikan

label Halal. (ANTARA/Ardika)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gerakan sadar halal perlu terus disosialisasikan pada masyarakat karena dengan menggunakan produk yang sesuai kaedah Islam maka kualitas sumber daya manusia akan semakin baik.

Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan HM Alfajri Zabidi melalui humas Saefudin Latief di Palembang, Jumat mengatakan, apalagi penduduk Indonesia termasuk Sumsel mayoritas beragama Islam sehingga halal merupakan utama.

Oleh karena itu sosialisasi produk halal penting supaya masyarakat mengetahui makanan dan minuman sehat sesuai ajaran Islam.

Selain itu dengan adanya sosialisasi?diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui jaminan produk halal ?dalam rangka ukhuwah Islamiyah dan realisasi syariat agama Islam.

Yang jelas umat Islam merupakan mayoritas di Indonesia sehingga menjadi pasar terbesar produk halal, ujar dia.

Sementara Kepala Pusat Pembinaan Jaminan Produk Halal H. Amri Siregar mengatakan, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal merupakan badan baru di Kemenag.

Jangankan di luar Kemenag, di internal Kemenag sendiri masih sangat baru, kata dia.

Sehubungan itu sangat tepat bila ada kegiatan yang memperkenalkan badan ini secara khusus.

Pihaknya bersyukur, saat ini sudah ada UU yang mengatur jaminan produk halal.

Menurut dia, hal ini akan semakin menguatkan pemahaman fikih yang selama ini dijalankan umat Islam.

Oleh karena itu mari ?bersama-sama menyebarkan kepada masyarakat agar sadar halal, gemar halal, dan cerdas halal semakin menyeluruh.

Sebagaimana Kementerian Agama RI menggelar Sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Palembang selama tiga hari.

Kegiatan itu diikuti 50 peserta antara lain pejabat Kanwil Kemenag Sumsel, PDAM Tirta Musi, PD Pasar Kota Palembang, Pemda Sumsel, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pariwisata, BPOM, ?MUI dan PHRI Sumsel.