Ini cara mengatasi kantung mata dengan kantung teh

id kantung mata,kantung teh,daun teh,kompres,kesehatan,mata,medis,sakit mata,viral,RSMH,berita,sumsel,info palembang,palembang,dokter

ilustrasi (ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kantung mata yang sering disebut sebagai mata panda memang menyebalkan dengan lingkaran hitam di area mata, ternyata ini bisa diatasi dengan kantung teh. 

"Sebenarnya banyak resep kecantikan alami untuk mengatasi problem kulit di mata. Yang paling popular adalah mengompres area mata dengan kantong teh celup yang dibekukan," ujar dokter spesialis mata di RS Dr Mohammad Hoesin, dr Ramzi Amin SpM. 

Dia menerangkan teh hijau bisa jadi solusi untuk menyingkirkan kantung mata karena kandungan senyawa anti inflamasi, yang disebut EGCG, yang terdapat dalam teh hijau bisa mengurangi cairan yang menyebabkan mata terlihat sembab.

Dijelaskannya, kantung mata merupakan bagian dari proses penuaan. Secara alami ada lemak di bagian bawah mata yang diikat oleh ligamen. Makin lama ligamen ini akan melemah sehingga lemak terdorong dan menumpuk di bawah mata, sehingga terlihat seperti kantung.

Lanjutnya, selain faktor penuaan, masalah di sekitar mata juga bisa disebabkan karena faktor keturunan dan gaya hidup.

“Sering begadang, terlalu banyak makanan yang asin, kurang minum, dan jarang berolahraga akan membuat kulit kehilangan elastisitas, termasuk di sekitar mata,” ungkapnya. 

Ia menyarankan di usia 20-an sebaiknya mulai rajin mengoleskan eye cream di sekitar mata untuk menjaga kekenyalan kulit atau dapat juga menggunakan irisan timun, atau es batu.

“Untuk sementara, bahan-bahan itu memang bisa mengatasi bengkak di bawah mata," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar