11 orang jamaah haji Sumsel meninggal di Arab Saudi

id jamaah haji,haji,calon haji,jamaah haji meninggal,mekah,meninggal di tanah suci,embarkasi palembang,smb ii

11 orang jamaah haji Sumsel meninggal di Arab Saudi

Ilustrasi (Dokumen Foto Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 11 orang jamaah haji Sumatera Selatan yang tergabung dalam Embarkasi Palembang meninggal di Arab Saudi dan mereka sudah dimakamkan di Tanah Suci.

Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Rabu mengatakan, hingga kepulangan kelompok terbang ke-enam, terdapat sebelas orang yang meninggal dunia.

Meninggalnya jamaah haji itu antara lain karena sakit dan mereka sempat dirawat di rumah sakit setempat, serta uzur.

Dia mengatakan, jamaah Sumsel termasuk Bangka Belitung yang meninggal tersebut antara lain Budi Riyati (kloter 5), Tohet Kuris (kloter 3), Siti Ngaisah (kloter 1), Subadi Minto Semito (kloter 8), Husni Thamrin Prabujaya (kloter 10), Nurdjanah Mahmud Husin (kloter 5), Pandak Candak Najidin (kloter 13) dan Gimin Wongso (kloter 5).?

 "Mudah-mudahan jamaah yang meninggal tidak bertambah sehingga mereka nantinya semuanya dapat pulang ke Sumsel," ujar dia.

 Berdasarkan data, jamaah Sumsel yang berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima tahun ini banyak yang berrisiko tinggi baik karena penyakit dan usia.

Oleh karena itu pihaknya terus memperhatikan jamaah yang berada di Arab Saudi tersebut supaya mereka dapat menjalankan ibadah dengan khusuk.

Embarkasi Palembang pada 2018 ini memberangkatkan 8.207 jamaah dengan rincian untuk Sumsel tercatat 7.045 orang dan selebihnya dari Provinsi Bangka Belitung.

Bergabungnya jamaah asal Bangka Belitung itu karena Sumsel telah ditetapkan sebagai embarkasi haji sejak beberapa tahun lalu. (T.U005)